Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Atlet Putri PB Djarum Jajal Supersoccer Arena Untuk Berlatih Fisik
21 Maret 2023
Atlet Putri PB Djarum Jajal Supersoccer Arena Untuk Berlatih Fisik
 
 

Mentari masih belum beranjak tinggi saat puluhan atlet putri PB Djarum melakukan sesi pemanasan yang mengawali latihan ketahanan fisik pada Sabtu (18/3) yang lalu. Namun, tak seperti hari-hari biasanya, pagi itu para pebulutangkis muda PB Djarum diajak menempa kekuatan fisiknya di tempat dan suasana yang berbeda. Mereka berkesempatan menjajal fasilitas atletik yang dimiliki Supersoccer Arena, sebuah stadion di Desa Rendeng, yang dibangun belum lama ini.

Pelatih fisik PB Djarum, Felix Ary Bayu Martha terlihat sibuk memimpin dan memberi sejumlah instruksi kepada para peserta latihan. Felix tak sendiri, sejumlah pelatih lainnya turut bergabung dalam sesi ini, antara lain Ellen Angelinawaty, Nimas Rani, dan Ari Yuli Wahyu Hartanto. "Pagi ini kami menggelar sesi latihan aerobik dan anaerobik untuk para atlet putri PB Djarum, yang bertujuan untuk menjaga daya tahan dan stamina mereka," ungkap Felix di sela latihan.

Untuk memonitor progres latihan para peserta, Felix dan kawan-kawan dibantu dengan alat pemantau kecepatan dan detak jantung. Intensitasnya tentu disesuaikan dengan usia dan kemampuan masing-masing pemain. Selain itu, latihan berlari yang harus dilahap oleh setiap pemain pun berbeda-beda. Mulai dari lari santai alias jogging, lari cepat sepanjang 50 meter, maupun lari kijang - aktivitas berlari dengan tambahan lompatan bak kijang.

Pria berkacamata ini menjelaskan, sesi latihan fisik sebetulnya merupakan rutinitas yang biasa dilakukan para atlet PB Djarum. Namun, menurut Felix, dengan adanya fasilitas atletik di Supersoccer Arena akan dapat membantu meningkatkan kualitas latihan ketahanan fisik bagi para pemain.

"Trek ini sangat membantu kami sebagai pelatih fisik yang terbiasa menguji daya tahan seorang atlet berdasarkan data. Dalam latihan pagi ini misalnya, kita jadi lebih mudah dalam menghitung kecepatan maksimum aerobic speed-nya masing-masing atlet," kata terangnya.

Fasilitas atletik yang dimiliki oleh Supersoccer Arena memang terbilang lengkap. Selain lapangan sepak bola yang dilengkapi tribun penonton, juga tersedia fasilitas untuk olahraga lainnya seperti lintasan lari, area panahan, dan berbagai ruang indoor serbaguna. "Kita sudah pernah survei beberapa tempat latihan fisik yang baik. Tapi baru kali ini dengan adanya Supersoccer Arena para pemain dapat melakukan latihan fisik di lintasan lari yang sempurna," pungkas Felix. (AH)