Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Outbound PB Djarum 2024] Mengintip 9 Permainan Menantang & Menegangkan yang Dilalui Para Atlet
12 Januari 2024
[Outbound PB Djarum 2024] Mengintip 9 Permainan Menantang & Menegangkan yang Dilalui Para Atlet
 
 

Pada hari kedua Outbound PB Djarum 2024, Kamis (11/1), para atlet melalui berbagai permainan menantang dan menegangkan yang sudah disusun oleh tim Cikole Zona 235. Berlokasi di area pegunungan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Sebanyak 89 atlet yang dibagi dalam 9 kelompok itu, dituntut untuk bisa melewati 9 pos permainan yang memiliki jenis dan tingkat kesulitan berbeda-beda. Berikut rincian permainannya:

Blind Man Walking

Misi permainan ini adalah bagaimana mereka bisa mendengar dan mengarahkan dengan baik. Garis besarnya di permainan ini ada yang memandu dan dipandu. Orang yang memandu berada di dalam kotak. Sedangkan orang yang dipandu harus jalan dari start sampai ke finis sesuai dengan tali. Selama perjalanan ada tantangannya. Ada yang melintang dan datar. Kalau melintang harus merayap, sedangkan yang datar itu dia harus loncat dan dilakukan secara bergantian. Sifatnya lebih ke komunikasi, menjadi pendengar yang baik, dan bisa memecahkan masalah.

Walking in The Sky

Misi si atlet ini jalan menaiki tali dengan jarak 10 meter, di atas ketinggian 5 meter. Dia berjalan meniti besi, dan yang menjadi penyeimbangnya adalah tali yang dibentang dan dipegang oleh teman-temannnya di bawah kiri dan kanan. Misalnya si atlet yang jalan jika akan jatuh ke kanan, berarti harus ditarik oleh temannya yang memegang tali di sebelah kiri. Begitupun sebaliknya. Di sini lebih menekankan bagaimana komunikasi, kordinasi dan fokus terhadap tujuan. Ada kemungkinan kesalahan yang menyebabkan jatuh, tetapi setiap permainan sudah dipastikan aman.

Fill the Water

Misinya mengeluarkan bola pinpong yang ada di dalam pipa yang bolong. Cara mengeluarkannya adalah mengisi pipa yang bolong tersebut dengan air. Kita sediakan tempatnya untuk membawa air atau bisa menggunakan tangan maupun mulut. Tidak diperbolehkan menggunakan media seperti topi maupun baju. Hanya bisa menggunakan anggota tubuh terutama tangan. Ini lebih condong ke kerjasama, saling melengkapi dan daya juang.

Sky Run

Permainan ini lebih ke individu. Para atlet harus berjalan di atas ketinggian 12 meter dengan menginjak besi yang kurang lebih lebarnya 8 cm dengan jarak 6 meter.  Mereka tidak boleh memegang tali apa pun dan hanya boleh melentangkan tangannya untuk menyeimbangkan. Diharapkan dengan permainan ini mereka bisa lebih berani, bisa mengambil keputusan, fokus, tenang, konsentrasi dan keluar dari tekanan. Seperti misalnya ada yang merasa takut jatuh dan dihubungkan dengan atlet yang tidak sedikit merasa takut sebelum bertanding, jadi bagaimana caranya agar mereka bisa memecahkan masalah itu. Di sini kelihatan atlet yang kurang berani ataupun berani.

Pipe and Ball

Misinya adalah memindahkan bola yang ada di dalam pipa ke tempat yang sudah disediakan. Di masing-masing ujung pipa terdapat 2 handle. Satu handle dipegang oleh 2 orang. Bola tersebut bagaimana caranya bisa masuk ke tempat yang sudah disediakan dengan hanya memegang handle tanpa menyentuh pipa/bola sedikitpun. Tantangannya harus menjaga komunikasi, kordinasi, kerjasama dan ketenangan karena bolanya mudah jatuh.

Three Carpet

Tiga karpet dengan ukuran yang berbeda dari ukuran besar, sedang dan kecil harus dipijak oleh setiap kelompok. Misinya berpindah dengan jarak 1 meter dari masing-masing karpet. Ini permaina sifatnya lebih kerjasama, kordinasi, dan komunikasi. Tidak boleh egois, dan harus mendengar temannya yang lebih bisa melihat dari sudut pandang yang lebih jelas. Dan yang paling penting pengorbanannya, karena kan harus siap diinjak-injak. Lalu bagaimana mengefesiensikan suatu hal.

Human Jump

Misinya orang loncat untuk menangkap target berupa samsak yang digantung di atas jurang dengan ketinggian 20 meter. Dari ujung para-para ke samsak 1,5 meter. Jadi atlet harus loncat dan menangkap samsak agar dinyatakan berhasil. Ini tujuannya lebih ke individu, agar lebih berani, kuat mental, mampu mengambil keputusan dan konsentrasi. terkadang sebelum melakukan satu hal suka takut, padahal belum mencoba. Jadi harus bisa melawan rasa takut.

Maze Rope

Ini mengurai tali yang kusut, sehingga terurai kembali ke posisi awal. Dari satu keompok ini masing-masing tangannya terhubung dengan tali. Setelah kusut karena dibolak balik posisinya, mereka harus bisa mengembalikan ke posisi semula agar talinya terurai. Di sini bisa melatih sabar, telaten, teliti, komunikasinya juga, dan memecahkan masalah.

Double Rubric

Misinya menyebrang tali dengan jarak 20 meter di atas jurang dengan ketinggian 12 meter. Jalannya tidak semudah itu, karena dalam perjalanan meraka bakal dapat goncangan dan tekanan, dengan tujuannya membentuk mental yang kuat, daya juang, ketangguhannya, dan keberaniannya agar bisa mencapai tujuan seberat apa pun rintangannya.

(Ah)