Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > PB Djarum Berikan Coaching Clinic untuk Pelatih Klub Mitra
21 Februari 2024
PB Djarum Berikan Coaching Clinic untuk Pelatih Klub Mitra
 
 

Di sela Kejuaraan Klub Mitra, tim pelatih PB Djarum memberikan coaching clinic untuk para pelatih klub mitra. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Serba Guna, GOR Jati Kudus, Jawa Tengah, pada Rabu (21/2) pagi. Coaching clinic disampaikan oleh Sigit Budiarto, Ellen Angelinawaty, dan Andreas Aditya Warman dengan materi kepelatihan untuk sektor tunggal.

Dalam kesempatan kali ini, para pelatih klub mitra mendapatkan materi mengenai kebutuhan gizi atlet, teknik dasar bulu tangkis dan latihan fisik.

Ellen Angelina mengatakan pengetahuan dasar ini perlu diingat kembali oleh para pelatih, agar penampilan para atlet bisa maksimal. Selain memantau langsung, pelatih juga diminta bisa mendorong kesadaran atlet, mengedukasi serta bekerja sama dengan orangtua.

“Soal kebutuhan gizi para atlet perlu kita perhatikan dan harus bekerja sama dengan para orang tua. Apa saja jenis asupan yang dikonsumsi, bagaimana pola makan, serta vitamin tambahan. Agar sejak kecil gizi mereka cukup dan seimbang. Apalagi pada masa pertumbuhan atlet, ini menjadi sangat penting,” kata Ellen.

“Atlet juga harus diberikan kesadaran soal kebutuhan mereka. Jangan sampai mereka disiplin hanya ketika dipantau pelatih, tapi saat sendiri, mereka tidak sadar soal kebutuhan dirinya,” lanjut Ellen

Soal teknik dasar dan latihan fisik, pelatih klub mitra juga diingatkan kembali soal bagaimana memegang raket, melakukan servis dan melihat titik pukul shuttlecock. Selain memberikan materi tertulis, Ellen Angelina, Sigit Budiarto, dan Andreas Aditya Warman juga menunjukkan secara langsung teknik yang tepat di lapangan.

“Sebagai pelatih kita perlu memperhatikan step-step yang dilakukan para atlet sudah tepat. Apalagi untuk atlet muda, mereka harus menerapkan teknik yang benar, tidak hanya asal menang dengan cepat. Karena ini berguna untuk masa depan para atlet. Percuma sekarang bisa menang cepat, tapi tekniknya salah. Ke depannya mereka akan kesulitan untuk bersaing dengan pemain di atasnya,” kata Sigit Budiarto.

Kegiatan ini disambut baik oleh para pelatih klub mitra PB Djarum, salah satunya Haryadi Abu, pelatih Champion Dakota Jakarta. Ia mengaku puas dengan materi yang diberikan. Apalagi beberapa hal yang selama ini menjadi pertanyaannya, bisa mendapat jawaban dari coaching clinic kali ini.

“Coaching clinic ini sangat memuaskan buat kami para pelatih. Materinya bagus dan kami diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi. Jawaban yang diberikan juga memuaskan. Semoga ini bisa menjadi bekal, ke depannya kami, klub mitra, bisa lebih baik lagi,” kata Haryadi Abu.

Sementara itu, Kejuaraan Klub Mitra PB Djarum sendiri mulai memasuki hari kedua. Para atlet dari 27 klub terus bertanding di lapangan dan mengasah kemampuannya. (NAF)