Sirkuit Nasional
Home > Berita > SIRKUIT NASIONAL > Fransiska Ratnasari Berharap Juara
17 Mei 2011
Fransiska Ratnasari Berharap Juara
 
 

Jakarta - Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Jakarta membawa kenangan buruk bagi Fransiska Ratnasari. Tahun lalu, atlet yang akrab disapa Nana ini harus tersingkir di babak pertama. Kala itu, ia langsung tumbang ditangan Renna Suwarno dari Pelatnas. Tak ingin bernostalgia dengan kekalahan pahitnya itu, Nana kini membawa misi untuk bisa menjadi juara di kejuaraan yang akan menghadirkan 1896 partai itu.

Dengan rangkingnya yang paling tinggi di BWF (Federasi Bulutangkis Dunia), Nana menempati unggulan pertama. Ia pun melenggang ke babak kedua setelah mendapat bye. Namun, tak berarti jalan untuk mewujudkan keinginannya itu menjadi mudah.

Di babak dua ia akan bersua atlet Pelatnas, Yulia Yoshepine. Jika ia bisa terus mulus hingga babak semifinal, disana ia akan bersua tunggal putri yang cukup kuat, Zhang Bei Wen. Nana pun tak mau takabur mengenai misi yang diembannya, ia tak mau menganggap enteng lawan.

“Semua lawan patut untuk diwaspadai. Saya tidak mau gegabah, yang penting saya terus fokus kepada pertandingan yang akan saya hadapi,” paparnya.

Perjumpaan terakhir Nana dengan Zhang terjadi dua tahun lalu di laga perempat final Vietnam Open Grand Prix. Saat itu, penghuni rangking 48 dunia itu mampu menekuk Zhang dengan pertarungan ketat tiga game. Ia menyerah 19-21 di game pertama, tetapi ia menjungkalkan Zhang dengan 21-18 dan 21-16 di dua game berikutnya.

Lawan potensial Nana di partai puncak adalah Bellaetrix Manuputy dari Pelatnas. Namun Bella kemungkinan besar akan bersua Ana Rovita (PB Djarum) terlebih dahulu di semi final. Bellaetrix sendiri mencatatkan prestasi gemilang di arena Djarum Superliga pada Februari lalu, dimana ia berhasil membawa klubnya PB Jaya Raya Jakarta yang tidak begitu diperhitungkan, mampu lolos ke partai puncak. Sedangkan Ana sendiri merupakan salah satu “rising star” setelah debutnya di Djarum Indonesia Open Super Series 2010 lalu. Ia mampu menembus babak semifinal sebelum takluk di tangan Sayaka Sato dari Jepang.

Partai tunggal dewasa putri sendiri baru akan mulai digelar pada hari ini (17/5). Febby Angguni akan melakoni partai melawan juniornya, Ayu Wanda Tika Wulandari yang kini berada di Pelatnas. Pertarungan ini akan sayang untuk dilewatkan, saksikan langsung di GOR Asia Afrika, Senayan, Jakarta.