Sirkuit Nasional
Home > Berita > SIRKUIT NASIONAL > Rendra/Rian (Masih) Belum Terkalahkan
23 Oktober 2011
Rendra/Rian (Masih) Belum Terkalahkan
 
 

Usai sudah rangkaian Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) kedelapan yang berlangsung di GOR Sungguminasa, Gowa, Sulawesi Selatan. PB Djarum pun terus memperpanjang dominasi di nomor ganda dewasa putra melalui pasangan Rendra Wijaya/Rian Sukmawan.

Gelar untuk PB Djarum memang sudah bisa dipastikan sebelum pertandingan, Rendra/Rian menantang juniornya Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto. Menghadapi sang junior, Rendra/Rian sempat kewalahan diawal game. Mereka kerap tertinggal dan baru bisa menyamakan kedudukan diangka 19. Kematangan pasangan ini, membuat mereka terlihat lebih sabar dan lebih jarang membuat kesalahan sendiri. Mereka pun memenangkan game pertama ini dengan 23-21.

Fernando/WifqiDi game kedua, langganan juara itu kian tak terbendung. Unggul 19-17, Fernando/Wifqi sempat mengejar dan membuat angka imbang 19-19. Namun, kesalahan demi kesalahan yang dibuat oleh Fernando ataupun Wifqi membuat game kedua kembali menjadi milik Rendra/Rian, 22-20.

“Tadi saya banyak melakukan kesalahan sendiri, apalagi jelang akhir pertandingan, bola saya malah sering menyangkut di net,” ujar Fernando.

Gelar juara Djarum Sirnas Makassar ini merupakan untuk kelima kalinya bagi Rendra/Rian dari delapan Djarum Sirnas yang sudah digelar. Sepanjang 2011, Rendra/Rian hanya menelan satu kali kekalahan.

Kekalahan Rendra/Rian terjadi di Djarum Sirnas pertama di Palangkaraya. Kala itu mereka harus takluk di partai puncak dan mengakui keunggulan pasangan Hadi Saputra/Dwi Setiawan. Kala itu, Rendra mengaku kekalahannya lebih karena kurang beruntung saja.

Rendra/Rian hanya absen di Djarum Sirnas Semarang, dan gelar juara pun tetap dipegang oleh PB Djarum melalui Rizky Yanu Kresnayandi/Albert Saputra yang menundukkan juniornya, Dandi Prabudita/Jones Ralfy Jansen. Sementara di Bali, Rendra/Rian sendiri tidak melanjutkan permainan karena harus kembali ke Jakarta.

Rekor tak terkalahkan pasangan ini, kian panjang. Dan ini menjadi penutup dari langkah Rendra/Rian di arena Djarum Sirnas tahun 2011. Di rangkaian Djarum Sirnas 2011 terakhir yang akan digelar di Surabaya, Rendra tak akan turun terkait dengan persiapan pernikahannya yang kian dekat. Di Surabaya, Rian akan kembali reuni untuk berpasangan dengan Yonathan Suryatama Dasuki.

Lain di ganda putra lain pula dengan ganda campuran, Rendra baru kembali lagi ke tangga podium. Bersama dengan Maria Elfira Christina, ia berhasil masuk ke final setelah di beberapa Djarum Sirnas terakhir mereka kerap kandas di babak-babak awal. Namun Rendra/Maria harus menjadi runner up kali ini setelah kalah dari pasangan Ardiansyah Putra/Devi Tika Permatasari dengan 7-21 dan 24-26.