Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Championships 2019] Kiprah Mohammad Ahsan
23 Agustus 2019
[BWF World Championships 2019] Kiprah Mohammad Ahsan
 
 

Nama pebulutangkis senior Mohammad Ahsan begitu melekat pada kejuaraan dunia. Bagaimana tidak, dua kali ia mampu menjadi kampiun pada kejuaraan yang sekarang dilaksanakan setiap satu tahun sekali ini. Ahsan dan pasangannya Hendra Setiawan menjadi juara pada tahun 2015 saat kejuaraan dilangsungkan di Jakarta dan juga di tahun 2013 di Guangzhou, Tiongkok.

Gelar juara yang direbut Ahsan bersama Hendra pada tahun 2015 terasa semakin manis. Ia mempersembahkan gelar dihadapan publik Istora, Senayan. Ahsan dan Hendra kala itu mengalahkan sederet pemain ganda putra kelas dunia seperti Marcus Elis/Chris Langridge dari Inggris, lalu Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong asal Korea serta Liu Xiaolong/Qiu Zihan. Andalan dari Tiongkok inilah yang dikalahkan Ahsan/Hendra pada babak final.

Pertama kali menjadi juara di tahun 2013 juga dengan mengalahkan pasangan-pasangan handal. Padahal masa itu, Ahsan dan Hendra hanya diunggulkan pada posisi keenam. Usai mendapat bye di babak pertama, Ahsan bersama Hendra membukukan kemenangan di babak kedua dengan mengalahkan Ronel Estanislao/Paul Jeferson Vivas dari Filipina dengan angka 21-9, 21-12. Lalu di babak ketiga menundukkan rekannya Alvent Yulianto/Markis Kido dengan 21-19, 21-17. Lee Sheng Mu/Tsai Chia Sin juga menjadi korbannya. Pasangan asal China Taipei ini dikalahkan dengan  21-14, 21-18.

Di babak semifinal, giliran andalan Tiongkok Chai Yun/Fu Hai Feng yang dikalahkan dengan 21-19, 21-17. Dan Ahsan bersama Hendra berdiri dipodium tertinggi setelah di babak puncak mengalahkan pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan 21-12, 23-21.

Ahsan sebenarnya juga pernah mencoba di kejuaraan serupa tetapi dengan pasangan yang berbeda. Bona Septano adalah pasangan sebelum akhirnya Ahsan menggandeng Hendra Setiawan. Namun sayang, prestasi tertingginya bersama Bona hanya sebatas semifinal. Menjadi semifinalis diperoleh pada tahun 2011. Ahsan dan Bona dikalahkan oleh ganda Korea Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong dengan 19-21, 17-21 pada babak semifinal.

Di Basel, Swiss atau tepatnya pada ajang BWF World Championships 2019 pencapaian Ahsan dan Hendra sudah pada babak perempat final. Semoga impian pasangan yang mendapat julukan “The Dadies” untuk meraih gelar ketiganya dapat terwujud. (AR)