Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kharkov International Challenge 2013] Atlet Muda Berjuang dari Babak Kualifikasi
05 September 2013
[Kharkov International Challenge 2013] Atlet Muda Berjuang dari Babak Kualifikasi
 
 

Atlet muda merah putih akan segera mulai bertanding pada kejuaraan Kharkov International 2013 yang berlangsung di Ukraina. Sayangnya peringkat dunia yang di miliki, tak mampu membuat mereka langsung bermain di babak pertama. Empat atlet tunggal putra Indonesia yang bernaung di Pelatnas harus memulai pertandingan pada turnamen berhadiah total US$ 15.000,- dari babak kualifikasi.

Ihsan Maulana Mustofa, atlet asal PB Djarum akan memulai babak pertama kualifikasi dengan menghadapi pemain Rusia Denis Verner. Peluangnya untuk berbicara lebih jauh sangat terbuka. Lawan Ihsan di babak pertama kualifikasi, secara peringkat masih jauh di bawahnya. Denis Verner saat ini berada pada urutan 1016 dunia, berbeda dengan Ihsan yang kini ada di peringkat 289 dunia.  Ihsan berada satu grup dengan unggulan pertama kualifikasi Steffen Rasmussen. Keduanya di prediksi akan bertemu di final kualifikasi,

Muhammad Bayu Pangistu masuk dalam jajaran pemain unggulan kualifikasi. Hadir pada kejuaraan yang akan di mulai tanggal 5 – 8 September 2013 ini, Bayu mendapat kehormatan sebagai unggulan ke-8 kualifikasi. Arseniy Fistin asal Rusia akan menjadi lawan pertamanya di babak kualifikasi. Kualitas dan peringkat Bayu semestinya bisa membuatnya tetap bertahan di kejuaraan yang di langsungkan di kota Kharkov, Ukraina. Secara peringkat, Bayu masih lebih unggul di banding lawannya. Jika Bayu mampu menjaga konsistensi permainannya, bukan tak mungkin babak utama akan berada dalam genggamanya.

Dua tunggal putra Pelatnas lainnya juga masuk dalam daftar unggulan. Fikri Ihsandi Hadmadi yang menjadi unggulan ke- 6, mendapat durian runtuh. Tak perlu memeras keringat, ia  langsung masuk ke babak kedua tanpa tanding setelah mendapat bye di babak pertama. Jonatan Christie yang memiliki unggulan lebih baik yakni pada urutan 5, harus berjuang mulai dari babak pertama kualifikasi. Roman Kulaga asal Rusia akan menjadi lawan Jonatan di babak pertama kualifikasi.

Pengiriman empat atlet asal Pelatnas, memang sudah direncanakan sebelumnya. Pengalaman dan peringkat dunia menjadi tujuan utama pengiriman atlet muda. “Pengiriman pemain-pemain muda di maksudkan untuk menambah pengalaman dan memperbaiki rangking dunia. Ini juga akan mempengaruhi seeding di World Junior Championships 2013,” ujar Joko Suprianto kepala pelatih tunggal putra.

Selain empat pemain asal Pelatnas yang bermain di Ukraina, ada satu nama yang ikut bermain di babak kualifikasi mengusung merah putih, Nathaniel Ernestan Sulistyo. Ia juga berhak langsung bermain di babak kedua kualifkasi setelah lawannya mundur dari kejuaraan ini.

Di ganda putra, Indonesia hanya menyertakan satu pasangan saja. Indonesia di ganda putra di wakili oleh Andrei Adistia/Didit Juang. Pasangan asal PB Djarum ini akan langsung bermain di babak pertama dengan menghadapi pasangan Prancis Luca Corvee/Brice Leverdez. (AR)