Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Malaysia Open 2021] Indonesia Versus Malaysia di Ganda Putra
05 Mei 2021
[Malaysia Open 2021] Indonesia Versus Malaysia di Ganda Putra
 
 

Tanda-tanda bangkitnya kejuaraan bulutangkis mulai nampak. Meski pandemi Covid-19 belum juga usai, tetapi di beberapa negara sukses menyelenggarakan kejuaraan bulutangkis. Kejuaraan di Asia juga mulai terlihat. Yang ada di depan mata adalah kejuaraan besar Malaysia Open 2021. Kejuaraan yang termasuk dalam kategori BWF World Tour 750 akan diselenggarakan pada tanggal 25–30 Mei 2021. Sejumlah negara sudah memastikan diri hadir pada kejuaraan yang menawarkan hadiah USD600.000, termasuk juga Tiongkok yang sudah lama absen dari kancah bulutangkis dunia.

Ada gengsi tersendiri di kejuaraan yang akan dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia ini. Dua negara adidaya bulutangkis akan saling bertemu di babak pertama. Tidak dapat dihindari, tiga pasang ganda utama Indonesia akan bertemu dengan tiga pasang ganda putra terbaik dari tuan rumah Malaysia. Hanya saja bedanya, tiga ganda Indonesia menduduki posisi unggulan sementara lawan-lawannya dari negeri jiran tidak ada dalam daftar unggulan.

Unggulan pertama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan menghadapi pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Di tahun 2020 lalu, sebelum turnamen bulutangkis bertumbangan, Kevin/Marcus sudah empat kali mengalahkan lawannya. Terakhir bertemu di kejuaraan akbar All England, Kevin/Marcus menang straight game pada babak perempat final.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga harus berurusan dengan pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong di babak pertama. Sepanjang karirnya di bulutangkis, pasangan nomor tiga Indonesia ini selalu memenangkan pertandingan dari lawannya. Terakhir bertemu di kejuaraan BWF World Championships 2019, Fajar/Rian menang rubber game. Jika skenario berjalan mulus, bukan tidak mungkin Fajar/Rian berpeluang bertemu Kevin/Marcus di babak perempat final.

Satu pasang ganda putra Indonesia lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga akan bersua dengan ganda Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Walau sudah sering menang dari ganda Malaysia berperingkat 15 dunia, Ahsan/Hendra yang menjadi unggulan kedua, harus tetap waspada karena mereka pernah kalah di kejuaraan Thailand Open 2019.

Dua negara serumpun akan berjibaku di babak pertama Malaysia Open 2021. Pertandingan adu gengsi antara Indonesia dengan Malaysia menjadi pembuktian siapa ganda putra terbaik saat ini. (AR)