Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex French Open 2023] Jojo Juara, Bagas/Fikri Runner Up
29 Oktober 2023
[Yonex French Open 2023] Jojo Juara, Bagas/Fikri Runner Up
 
 

Satu gelar juara dan satu runner up berhasil diraih pebulutangkis Indonesia di kejuaraan Yonex French Open 2023. Hasil diperoleh usai babak final selesai dilaksanakan hari ini (29/10). Gelar juara diraih melalui tunggal putra Jonatan Christie, sementara pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dari sektor ganda putra mempersembahkan runner up.

Jonatan Christie atau yang akrab disapa dengan Jojo, bermain luar biasa. Menghadapi pemain China, Li Shi Feng pada babak puncak, Jojo mengaku sempat tegang dan banyak membuat kesalahan terutama pada game pertama. Tetapi hal ini bisa ia perbaiki di game kedua dan ketiga. Taktik mengajak lawan banyak berlari rupanya mampu membawanya menjadi juara. Jojo akhirnya menjadi juara usai menang rubber game 16-21, 21-15, 21-14. Hasil yang di raih di Rennes, Prancis, membuat rekor tak terkalahkan Jojo dari Li Shi Fheng bertambah panjang menjadi 4-0.

“Pertama Puji Syukur, Puji Tuhan karena ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti-nantikan. Sudah beberapa kali saya masuk final tapi belum mampu juara,” ujar Jojo kepada tim Humas dan Media PP BBSI.

“Tidak mudah, saya ada sedikit tegang di awal-awal laga. Banyak melakukan kesalahan sendiri. Di gim kedua saya melakukan perbaikan dengan bermain lebih rapi dan mencoba untuk membuat lawan banyak berlari,” sambung Jojo.

“Gelar ini pastinya menambah semangat dan motivasi saya. Berikutnya ada Japan Masters dan China Masters, saya mau fokus ke sana. Dan semoga bisa melangkah ke BWF World Tour Finals,” lanjutnya.

Pasangan Bagas/Fikri sepertinya harus bersabar menahan diri untuk menjadi juara. Dalam babak final, Bagas/Fikri harus mengakui ketangguhan ganda Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dalam rubber game 14-21, 21-10, 18-21.

“Di poin-poin akhir itu, kami yang dalam keadaan tertekan merasakan tegang. Selain itu, tidak dipungkiri kondisi kami memang terkuras sehingga fokusnya menurun,” ungkap Fikri.

Sementara itu, China memborong tiga gelar juara dari kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 750. Gelar juara dari sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri menjadi milik pemain negeri tirai bambu.

Hasil babak final:

Ganda campuran: Jhiang Zhen Bang/Wei Ya Xin [CHN] – Tan Chung Man/Tse Ying Suet [HKG] : 21-17, 15-21, 21-12

Tunggal putri: Chen Yu Fei [CHN] – Tai Tzu Ying [TPE] : 21-17, 22-20

Ganda putri: Liu Sheng Shu/Tan Ning  [CHN] -Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai [THA] : 2-24, 21-19

Tunggal putra: Jonatan Christie [INA] – Li Shi Feng [CHN] : 16-21, 21-15, 21-14

Ganda putra: Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen [DEN] - Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri [INA] : 21-14, 10-21, 21-18