Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Piala Sudirman 2021] Indonesia Terhenti di Babak Perempat Final
02 Oktober 2021
[Piala Sudirman 2021] Indonesia Terhenti di Babak Perempat Final
 
 

Mimpi tim Indonesia untuk membawa pulang Piala Sudirman harus tertunda kembali. Menghadapi Malaysia di babak perempat final, Indonesia harus menelan kekalahan 2-3. Hasil ini mengulang kembali sejarah penampilan tim Indonesia di tahun 2013 yang hanya bisa menjejak hingga babak delapan besar.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang tampil di partai penentu tak berhasil mengamankan kemenangan dari Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. Mereka kalah setelah bermain tiga game 19-21, 21-9, 16-21.

Bertanding di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Praveen/Melati tampaknya masih perlu melakukan adaptasi di game pertama. Mereka harus tertinggal dan kalah tipis 19-21. Ini merupakan pertemuan pertama bagi Praveen/Melati dan Hoo/Cheah.

“Kami tahu Malaysia punya pemain-pemain yang potensial. Dan ini merupakan pertemuan pertama kami. Kami juga sudah mempersiapkan kalau nanti harus bertemu lagi di pertandingan selanjutnya kami harus persiapkan dari sekarang,” kata Praveen.

Saat memasuki game kedua, Praveen/Melati tampil meyakinkan dengan merebut angka 21-9. Mereka tak membiarkan pasangan Malaysia untuk bisa berkembang di game kedua.

Sayang di game penentu, Praveen/Melati tak bisa mempertahankan performanya seperti game sebelumnya. Mereka kembali menelan kekalahan dengan skor 16-21.

“Dari awal kami sebenarnya sudah mengantisipasi permainan mereka. Cuma tadi awal-awal kami kalah start. Kami banyak mati sendirinya di game pertama, jadinya kalah. Di game kedua kami lebih siap lagi, bisa comeback. Tapi di game ketiga kami salah di pertengahan, pas pindah lapangan di situ kamu agak sedikit lengah. Langsung buang dua poin,” kata Melati.

“Pasti nggak dipungkiri ada sedikit pressure. Tapi mereka juga mengalami hal yang sama. Jadi itu nggak bisa dijadikan alasan,” lanjut Melati.

Dengan demikian tiket semifinal akhirnya menjadi milik Malaysia yang akan berhadapan dengan Jepang. Sementara semifinalis lainnya mempertemukan China dengan Korea.

Berikut hasil lengkap pertandingan Indonesia melawan Malaysia (2-3):

Ganda Putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik : 12-21, 15-21

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung vs Kisona Selvaduray : 22-20, 18-21, 21-19

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting vs Lee Zii Jia : 11-21, 16-21

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Thinaah Muralitharan/Pearly Tan : 22-20, 21-17, 21-18

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Hoo Pang Ron/Cheah Yee See : 19-21, 21-9, 16-21

(NAF)