Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Tour Finals 2022] Rinov/Phita Jalani Babak Semifinal
10 Desember 2022
[BWF World Tour Finals 2022] Rinov/Phita Jalani Babak Semifinal
 
 

Laga panas mewarnai lolosnya pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, dari laga terakhir putaran penyisihan Grup A pada kejuaraan BWF World Tour Finals 2022 yang berlangsung kemarin (9/12). Rinov/Phita menang dramatis dari lawannya Thom Gicquel/Delphine Delrue dalam drama rubber game 14-21, 21-17, 24-22. Kemenangan ini membawa Rinov/Phita ke babak semifinal sekaligus menyingkirkan Thom/Delphine dari bursa pemain yang lolos ke babak semifinal.

Bekal menang dari Thom/Dhelphine membuat posisi Rinov/Phita berada di urutan kedua Grup A. Sementara ganda China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong memimpin di grup yang sama. Dua pasangan inilah yang berhak meneruskan pertandingan ke babak semifinal yang akan dilangsungkan hari ini (10/12). Usai pengundian ulang, Rinov/Phita akan menghadapi ganda campuran terkuat Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Tugas Rinov/Phita belum berakhir dan akan semakin berat. Pasalnya dari tiga pertemuan sebelumnya dari Dechapol/Sapsiree, Rinov/Phita belum pernah sekalipun merasakan kemenangan dari ganda campuran nomor satu dunia. Rinov/Phita kalah petama kali pada kejuaraan German Open 2019. Kekalahan kedua terjadi pada babak semifinal Korea Open 2019. Pada pertemuan terakhir di kejuaraan Hylo Open 2019, Rinov/Phita juga kalah di babak semifinal.

Sementara itu pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti gagal menembus babak final. Pasangan yang akrab dipanggil Apri/Fadia ini hanya menempati peringkat ketiga Grup B. Pada pertandingan terakhir, Apri/fadia dikalahkan ganda China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan skor 16-21, 16-21. (AR)