Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Piala Thomas & Uber 2021] Lawan Thailand, Indonesia Turunkan Tim Inti
14 Oktober 2021
[Piala Thomas & Uber 2021] Lawan Thailand, Indonesia Turunkan Tim Inti
 
 

Laga penting akan dijalani tim piala Uber Indonesia. Babak perempat final yang dilangsungkan hari ini (14/10) sudah di depan mata. Sudah pasti Indonesia akan bermain habis-abisan untuk bisa menembus babak semifinal. Dalam susunan pemain yang sudah dikeluarkan pun Indonesia menurunkan tim inti. Sementara Thailand yang menjadi lawan Indonesia di babak delapan besar tidak menurunkan tunggal terbaiknya, Ratchanok Inthanon.

Thailand merupakan salah satu tim unggulan. Berbeda dengan Indonesia yang hadir di Aarhus, Denmark sebagai tim under dog. Saat ini Thailand memiliki pemain tunggal yang solid. Absennya Ratchanok, tetap membuat Thailand unggul dari sisi pemain tunggal. Tetapi perlu dicatat, Gregoria Mariska Tunjung yang akan turun pada partai pertama punya catatan menang dari Pornpawee Chochuwong dari kejuaraan Blibli Indonesia Open 2019 lalu. Lalu, ganda putri utama Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu memiliki rekor 5 kali menang dan hanya sekali kalah dari ganda pertama Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Pada pertemuan terakhir di kejuaraan Yonex Thailand Open 2021 pun, pemegang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 ini menang.

Putri Kusuma Wardani yang kembali dipercaya turun sebagai tunggal kedua akan menemui lawan berat. Pasalnya, ia pernah kalah dari Busanan Ongbamrungphan yang menjadi lawannya di kejuaraan New Orleans 2021. Tetapi perlu digaris bawahi, Putri punya modal sebagai juara Spain Masters 2021.

Partai tidak kalah berat juga akan dijalani pasangan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto. Ganda Thailand Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai yang menempati peringkat 22 dunia. Berharap banyak pada pertemuan perdana antar kedua pasangan ini bisa dimanfaatkan oleh Fadia/Ribka.

Jika posisi imbang 2-2, maka partai terakhir yang memainkan sektor tunggal akan menjadi penentu. Pemain belia asal Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo akan bertemu dengan Phittayaporn Chaiwan. Ester pernah bertemu sekali dengan tunggal Thailand berperingkat 31 dunia pada kejuaraan kategori Junior dua tahun lalu. Masa itu Ester kalah straight game.

Berandai-andai Indonesia bisa menang dari Thailand dan bisa menembus babak semifinal, kemungkinan besar akan bertemu dengan China. Karena China digadang-ganda bisa unggul dari Taiwan pada babak perempat final. Apalagi Taiwan hadir tanpa pemegang medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Tai Tzu Ying. (AR)