Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kejuaraan Malaysia Open 2021 Ditunda
08 Mei 2021
Kejuaraan Malaysia Open 2021 Ditunda
 
 

Kembali pandemi Covid-19 memakan korban. Kali ini kejuaraan bulutangkis besar di daratan Asia terkena imbasnya. Malaysia Open 2021, kejuaraan besar dengan kategori BWF World Tour Super 750 akhirnya ditunda. Kejuaraan yang semula harus dilakukan pada tanggal 25-30 Mei 2021 belum bisa dipastikan kapan akan dilaksanakan. Meningkatnya kasus covid-19 di Malaysia ditenggarai menjadi penyebab ditundanya kejuaraan ini.

Kejuaraan berhadiah total USD600.000 ini sebenarnya begitu menjanjikan dengan gengsi yang tinggi. Betapa tidak, di kejuaraan ini, untuk pertama kalinya para pemain dari negara Tiongkok berpartisipasi sejak pandemi covid-19 muncul. Para pemain Tiongkok turun dengan kekuatan penuh. Tidak hanya Tiongkok, Jepang juga menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Persaingan menjadi lebih sengit dengan hadirnya Korea, Indonesia, Denmark, Thailand, Malaysia, dan negara-negara lainnya.

Malaysia Open 2021 juga termasuk kedalam perhitungan poin menuju Olimpiade Tokyo (Race to Tokyo). Tak heran jika kejuaraan ini diserbu oleh para pemain dari belahan dunia. Kehadiran mereka di Malaysia salah satunya adalah untuk mendulang poin mengamankan posisi di kualifikasi Olimpiade. Dengan ditundanya Malaysia Open, maka dipastikan turnamen ini tidak lagi menjadi bagian dari kualifikasi Olimpiade.

Pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi salah satu pemain yang mengincar peningkatan poin. Diundurnya kejuaraan Malaysia Open 2021 tentunya membuat posisi ganda campuran nomor dua Indonesia saat ini semakin berada di ujung tanduk. Dalam daftar peringkat Race to Tokyo teranyar, posisi Hafiz/Gloria ada di urutan sembilan. Satu peringkat dibawah ganda Inggris, Marcus Elis/Lauren Smith. Sementara jika ingin masuk menjadi peserta Olimpiade, Hafiz/Gloria harus bisa menembus delapan besar karena satu negara dibolehkan menyertakan dua pasangan sepanjang berada dalam delapan besar Race to Tokyo. Pertaruhan terakhir Hafiz/Gloria adalah turnamen Singapore Open yang akan berlangsung tanggal 1-6 Juni 2021 mendatang. (AR)