Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2020] Kilas Kejuaraan Asia Tahun 2019
14 April 2020
[Badminton Asia Championships 2020] Kilas Kejuaraan Asia Tahun 2019
 
 

Sedianya pada minggu ke empat bulan April 2020 kejuaraan khusus Asia akan digelar di Philiphina. Badminton Asia Championships 2020 semestinya dilaksanakan pada tanggal 21 – 26 April 2020. Namun sayang, kejuaraan ini harus ditunda oleh badan bulutangkis dunia atau BWF karena  merebaknya virus Corona.

Tahun 2019 lalu saat kejuaraan di selenggarakan Wuhan, Tiongkok, pasukan merah putih gagal mendapatkan satu gelar juara. Harapan satu-satunya pada babak final melalui ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, juga belum berhasil merengkuh gelar juara. Ganda putra nomor satu Indonesia ini kalah ulet dari ganda Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di babak puncak. Kevin/Marcus menyerah dengan angka 18-21, 3-21. Indonesia punya wakil lain selain Kevin/Marcus. Sayangnya, ganda senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memilih mundur saat bertanding melawan ganda dari Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik karena Hendra mengalami gangguan kesehatan. Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso juga terhenti ikut terhenti. Mereka dikalahkan sang juara dari Jepang Hiroyuki/Yuta dengan 11-21, 6-21. Babak kedua juga menjadi hasil maksimal dari pasangan  Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Menempati posisi unggulan ke tujuh, Fajar/Rian dihentikan wakil Tiongkok, He Ji Ting/Tan Qiang melalui rubber game, 23-21, 19-21, 19-21.

Satu tempat di babak semifinal menjadi milik Indonesia dari pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Della/Rizki menjadi satu dari empat wakil Indonesia yang tersisa di babak semifinal. Sayang, mereka harus kalah dari ganda nomor satu Tiongkok Chen Qing Chen/Jia Yi Fan  di babak empat besar dengan skor akhir 20-22, 12-21

Di barisan ganda campuran, Hanya pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang memberikan prestasi terbaik. Babak perempat final menjadi hasil akhir dari ganda campuran Indonesia yang saat ini ada diperingkat delapan dunia. Rupanya ganda Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taeratthanachai menjadi penjegal Hafiz/Gloria di babak delapan besar dengan rubber game 21-15, 7-21, 12-21.

Lalu di tunggal putra, empat wakil Indonesia belum bisa melewati babak kedua. Hanya Shesar Hiren Rhustavito dan pemain senior Tommy Sugiarto yang bisa menembus babak kedua. Dua lainnya, harus angkat koper di babak pertama. Setali tiga uang dengan tunggal putra, para Srikandi merah putih juga hanya bisa bertahan sampai babak kedua. Prestasi ini ditorehkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dan Choirunnisa. (AR)