Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [World Junior Championships 2013] Jonatan Melaju, Bayu Terhenti
31 Oktober 2013
[World Junior Championships 2013] Jonatan Melaju, Bayu Terhenti
 
 

Ihsan Maulana Mustofa sudah terlebih dahulu memastikan untuk bisa berlaga di babak 16 besar Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2013. Ia berhasil menundukkan Benny Lin dari Kanada dengan skor meyakinkan 21-14 dan 21-12.

Sayang, keberhasilan Ihsan gagal diikuti rekan satu klubnya di PB Djarum, Muhammad Bayu Pangisthu. Atlet asal Medan ini gagal melangkah ke 16 besar usai kalah dari unggulan 3/4 Fabian Roth dengan dua game langsung 16-21, 12-21.

Kejutan dihadirkan oleh Jonatan Christie. The rising star Indonesia ini berhasil mengandaskan unggulan dua, Thammasin Sitthikom. Jonatan yang sempat tertinggal di paruh awal game pertama, perlahan mulai bisa menguasai keadaan dan justru mencuri kemenangan dengan dua game langsung 21-18 dan 21-16.

"Diawal game, Jonatan terlalu banyak mengangkat bola, tapi setelah itu ia  mulai bisa menguasai wilayah di depan net. Dia mulai bisa menguasai keadaan dan tidak membiarkan ada bola-bola yang memudahkan lawan," ujar sang Pelatih, Imam Tohari.

Selanjutnya, Jonatan akan berhadapan dengan Yugo Kobayashi. Pemain ulet asal Jepang ini melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Tang Chun Man dari Hong Kong dengan dua game langsung 21-10 dan 22-20. Pertandingan antara Jonatan dan Yugo akan digelar pukul 19.35 WIB.

"Sebetulnya kalau dikatakan cukup untuk istirahat tentu tidak, tapi karena jadwalnya demikian mau tidak mau ya harus dilawan. Nanti lawannya dia ulet, permainannya cepat, dan banyak bola smes, Jonatan harus bisa tidak terlalu banyak menangkat bola, dan lebih percaya diri untuk melakukan netting," ujar Imam.

Yugo sendiri adalah atlet binaan Imam yang pernah ia latih selama lima tahun di Jepang. Seperti diketahui Imam pernah meniti karir di Jepang selama 10 tahun, atlet-atlet binaannya diantaranya adalah Aya Ohori, Yugo Kobayashi dan sebagian besar anggota tim nasional Jepang yang ada di Bangkok kali ini.

Selain Jonatan, Ihsan juga akan berhadapan dengan tunggal Jepang, ia akan bersua dengan Kanta Tsuneyama yang menang Arun George dari India dengan 21-17 dan 21-10. Duel ini dijadwalkan digelar pukul 20.45 WIB.