Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2020] Fajar/Rian Bawa Indonesia Tembus Final Piala Thomas
16 Oktober 2021
[Piala Thomas & Uber 2020] Fajar/Rian Bawa Indonesia Tembus Final Piala Thomas
 
 

Indonesia akhirnya memastikan lolos ke babak final Piala Thomas 2020, setelah mengalahkan Denmark 3-1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di partai keempat sukses menjadi penentu kemenangan dengan menghadang pasangan tuan rumah Mathias Christiansen/Frederik Sogaard.

Fajar/Rian menang dua game langsung 21-14, 21-14 dalam 38 menit di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10).

“Untuk pertandingan hari ini bersyukur alhamdulillah bisa menyumbangkan poin untuk tim dan Indonesia. Alhamdulillah juga kami dijauhkan dari cedera. Hari ini kami mainnya nothing to loose, karena kami sudah unggul 2-1. Malah merekanya yang mainnya mungkin terbebani. Kami yang penting fokus dan yakin poin demi poin,” kata Rian seoal hasil pertandingannya kali ini.

Indonesia sebelumnya telah mengantongi dua poin kemenangan. Yang pertama dari ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, kemudian dari tunggal putra, Jonatan Christie.

“Kemenangan Jonatan membawa kita ke atmosphere lebih percaya diri. Karena partai Jonatan itu sangat menentukan untuk Indonesia. Jadi menambah kepercayaan diri di partai keempat. Kami mencoba untuk rileks dan tenang. Kita selalu semangat kapanpun jika kami dipercaya,” kata Fajar lagi.

Tim Thomas Indonesia akhirnya kembali berhasil mencapai pertandingan puncak. Mereka terakhir ke final pada tahun 2016 namun akhirnya finis sebagai runner up dari Denmark. Pada Piala Thomas edisi sebelumnya, Indonesia berjajar di podium semifinalis bersama Denmark.

“Sudah lama Indonesia tidak ke final, terakhir Indonesia di 2016 kami kalah dari Denmark di China. Kami tadi ingin membalas kekalahan di partai final saat itu. Kita sekarang ketemu di semifinal. Tapi ya nggak sampai di sini. Karena besok masih ada partai final, kita harus fokus lagi. Jika diturunkan kami akan selalu siap dan tetap semangat,” jelas Fajar.

Di babak final, tim Merah Putih akan berhadapan dengan China. China sendiri lolos setelah mengalahkan Jepang, 3-1.

“Yang jelas China sebagai juara bertahan dan kami selalu mewaspadai setiap sektor yang diturunkan. Yang penting kita satu-satu dulu. Jika kami tidak diturunkan kami akan support tim Indonesia. Tapi kalau diturunkan kami akan berusaha maksimal untuk Indonesia,” kata Fajar.

Berikut hasil lengkap pertandingan Indonesia melawan Denmark (3-1):

Tunggal Putra 1: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen: 9-21, 15-21

Ganda Putra 1: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen: 21-13, 10-21, 21-15

Tunggal Putra 2: Jonatan Christie vs Anders Antonsen: 25-23, 15-21, 21-16

Ganda Putra 2: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Mathias Christiansen/Frederik Sogaard: 21-14, 21-14

Tunggal Putra 3: Shesar Hiren Rhustavito vs Hans Kristian Solberg Vittinghus

(NAF)