Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex Sunrise Guhwati Masters 2023] Tunggal Putra Babat Unggulan
06 Desember 2023
[Yonex Sunrise Guhwati Masters 2023] Tunggal Putra Babat Unggulan
 
 

Kabar menggembirakan sekaligus mengejutkan datang dari kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Guhwati Masters 2023. Para pemain muda Indonesia menorehkan catatan prestasi yang mengesankan di kejuaraan dengan level BWF World tour Super 100. Dua unggulan teratas tunggal putra berhasil dihentikan oleh pemain masa depan Indonesia pada babak kedua yang dilangsungkan hari ini (6/11). Alwi Farhan dan Yohanes Saut Marcellyno menjadi pemain yang membuat para unggulan pulang lebih cepat dari India. Tiket babak ketiga pun bisa disegel oleh kedua pemain Indonesia.

Alwi sebenarnya mempunyai catatan pertemuan yang kurang baik jika bertemu pemain dari Taiwan, Chia Hao Lee. Dua kali bertemu, dua kali pula Alwi menelan kekalahan. Yang terjadi di kejuaraan yang di laksanakan di Guhwati, Assam, India, Alwi membalikkan data statistik. Alwi menghentikan sang penunggu unggulan kedua dalam dua game langsung 21-8, 21-12.

Kejutan lainnya dibuat oleh Yohanes. Unggulan pertama dari Thailand, Kantaphon Wangcharoen tumbang di tangan pemain Indonesia yang hanya berperingkat 179 dunia. Yohanes pun menang straight game 22-20, 21-18 atas pemain Thailand yang memiliki peringkat 36 dunia.

Satu pemain Indonesia lainnya yang ikut lolos ke babak ketiga adalah Alfi Wijaya Chairullah. Pemain tuan rumah India, Raghu Mariswamy dikalahkan Alfi dengan skor 21-14, 21-17.

Di sektor tunggal putri hanya tersisa Ester Nurumi Tri Wardoyo di babak kedua. Adik dari Chico Aura Dwi Wardoyo ini menang 21-12, 21-13 atas Tyffany Ho asal Australia di babak pertama.

Selanjutnya para pemain tunggal putra Indonesia akan bertemu dengan wakil tuan rumah India. Alwi akan menghadapi pemain yang lolos dari babak kualifikasi Abishek Saini. Yohanes juga akan bertemu pemain India lainnya yang bisa melewati babak kualifikasi Ayush Shetty. Sementara Alvi akan bersua Sameer Verma.

Ester yang menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia yang tersisa akan menghadapi pemain tangguh asal Thailand, Lalinrat Chaiwan. Dalam head to head, untuk sementara Ester tertinggal 1 – 2 dari lawan yang ada kini menempati peringkat 44 dunia.

Pemain tunggal putri Indonesia yang terhenti hari ini adalah Stephanie Widjaja, Bilqis Prasista, dan Tasya Farahnailah. Sementara di tunggal putra, Jason Christ Alexander menjadi pemain yang ikut terhenti. (AR)