Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Peluang Ganda Campuran Masih Terbuka
04 April 2012
Peluang Ganda Campuran Masih Terbuka
 
 

Meski tak mudah, peluang ganda campuran Indonesia pada kejuaraan Yonex Australian Open Grand Prix Gold 2012 untuk menang masih cukup terbuka. Kali ini Indonesia diperkuat oleh tiga pasangan yang terdiri atas Hendra Setiawan/Vita Marissa, Muhammad Rijal/Debby Susanto  dan Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati. Muhammad Rijal/Debby Susanto menjadi satu-satunya pasangan Indonesia, yang masuk dalam daftar unggulan dari tiga ganda campuran yang diturunkan. Sementara itu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang awalnya dijadwalkan bertanding, mengurungkan laganya karena dinilai belum maksimal dalam persiapan.

Pada laga pertama yang akan berlangsung Rabu (4/4) ini, Muhammad Rijal/Debby Susanto merupakan unggulan keenam pada ganda campuran, akan berhadapan dengan Tan Aik Quan/Lai Pei Jing dari Malaysia. Secara rangking, Muhammad Rijal/Debby Susanto  unggul jauh atas pasangan Malaysia yang berada di peringkat 41 dunia. Kesempatan memenangkan pertandingan seharusnya bisa diwujudkan oleh Muhammad Rijal/Debby Susanto.

Pelatih ganda campuran Richard Mainaky pun berharap pada pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto untuk dapat berlaga di Olimpiade bersama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Muhammad Rijal/Debby Susanto yang kini berada di peringkat 12 dunia juga akan mengejar poin sebanyak-banyaknya pada turnamen berhadiah total US$ 120,000 ini. Seperti yang diketahui, turnamen ini juga menjadi salah satu ajang perburuan poin untuk merebut tiket di Olimpiade 2012 mendatang.

Pasangan lainnya, Hendra Setiawan/Vita Marissa akan menghadapi pasangan Thailand Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam, yang merupakan unggulan keempat dalam turnamen ini. Kondisi lawan yang memiliki peringkat cukup baik, membuat Hendra Setiawan/Vita Marissa tidak boleh lengah dalam bertanding. Apalagi pada pertemuan sebelumnya,  Hendra Setiawan/Vita Marissa harus mengakui keunggulan pasangan Thailand ini. Australian Open merupakan turnamen ketiga yang memasangkan keduanya. Diharapkan dua pertandingan sebelumnya mampu menyolidkan pola permainan Hendra Setiawan/Vita Marissa.

Sementara itu pasangan ganda campuran lainnya, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati dijadwalkan akan bertemu Shintaro Ikeda/Reiko Shiota, peringkat 10 dunia. Langkah Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati mungkin tidak akan mudah untuk menjegal lawannya, mengingat pasangan Jepang ini merupakan unggulan kelima dalam turnamen Australian Open kali ini. Namun, keunggulan jauh Shintaro Ikeda/Reiko Shiota ini bisa menjadi peluang bagi Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati untuk bermain tanpa beban, dan diharapkan mampu menjaga pola permainan, sehingga dapat merebut angka demi angka. (NM)