Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex Sunrise Odisha Masters 2023] Ruzana Tembus Babak Utama
12 Desember 2023
[Yonex Sunrise Odisha Masters 2023] Ruzana Tembus Babak Utama
 
 

Kejuaraan bulutangkis seri Asia rupanya masih enggan beranjak dari India. Pekan ini ada kejuaraan Yonex Sunrise Odisha Masters 2023 yang di laksanakan di Cuttack, Odisha, India. Kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 100 dimulai hari ini (12/12). Sektor tunggal putri sudah menyelesaikan semua babak kualifikasi. Hasilnya satu tunggal putri Indonesia berhasil menembus babak utama. Ruzana, pebulutangkis asal PB Djarum menjadi pemain putri yang bisa menambah kekuatan sektor tunggal putri. Ruzana akan berjuang bersama Tasya Farahnailah, Bilqis Prasista, dan Stephanie Widjaja di babak utama.

Ruzana harus bertanding sebanyak dua kali dalam satu hari untuk bisa melewat ke babak kualifikasi. Dua pertandingan yang ia jalani harus dijalani dengan rubber game. Di babak pertama kualifikasi, Ruzana bermain tiga game 20-22, 21-10, 21-11 dari pemain India, Muskaan Radhakrishnan. Lalu di babak kedua kualifikasi Ruzana harus mengalahkan rekannya sendiri Deswanti Hujansih Nurtertiati juga dengan rubber game 21-23, 21-15, 21-17.

Sayangnya di babak utama dua tunggal putri Indonesia harus saling bertemu. Undian memaksa Bilqis Prasista berhadapan dengan Tasya Farahnailah. Pemenang partai bersaudara ini bukan tidak mungkin akan memainkan pertandingan antar sesama pemain Indonesia lagi. Hal ini akan terjadi Jika Ruzana bisa menang dari Likhita Srivastava asal India yang menjadi lawannya di babak pertama.

Langkah para Srikandi Indonesia akan terasa berat. Salah satu pemain terbaik dari Jepang, Nozomi Okuhara berada pada undian yang didiami pemain Indonesia. Seandainya Stepharie bisa menang dari pebulutangkis Malaysia, Kisona Selvaduray, di babak pertama, rasanya Okuhara akan menjadi lawan berikutnya.

Sektor tunuggal putra sudah menyelesaikan beberapa pertandingan di babak pertama. Tercatat sudah ada wakil Indonesia di tunggal putra yang akan meneruskan pertandingan ke babak kedua. Mereka adalah Alwi Farhan, Jason Christ Alexander, Muhammad Reza Al Fajri, Yohanes Saut Marvellyno, dan Tegar Sulistio. Sementara Bodhi Ratana Teja Gotama, Iqbal Diaz Syahputra, dan Alvi Wijaya Chairullah baru akan bertanding di babak pertama besok (13/12). (AR)