Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Paralimpiade Tokyo 2020] Kontingen Indonesia Sukses Lampaui Target
06 September 2021
[Paralimpiade Tokyo 2020] Kontingen Indonesia Sukses Lampaui Target
 
 

Kontingen Indonesia sukses melampaui targetnya di Paralimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia menargetkan satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu. Namun pada akhirnya Indonesia berhasil membawa pulang sembilan medali dengan rincian dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Pencapaian tersukses diraih oleh cabang olahraga para bulutangkis dengan raihan dua medali emas, dua perak, dan dua perunggu.

“Alhamdulillah hari ini semua terlampaui. Ada empat target yang dicanangkan oleh NPC Indonesia dalam mengirim kontingen Paralimpiade ke Tokyo,” kata Andi Herman, Chef de Mission Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020.

Lebih lanjut Andi menjabarkan keempat target yang telah ditetapkan sebelumnya. Target pertama, yang berhasil dicapai adalah pengiriman 23 atlet ke ajang olahraga empat tahunan itu, dari target awal sebanyak 15 atlet.

Yang kedua, Indonesia sebelumnya menargetkan enam cabang olahraga yang diikutisertakan. Namun akhirnya berhasil berangkat untuk tujuh cabang olahraga, yaitu para bulutangkis, para atletik, para powerlifting, para menembak, para renang, para tenis meja dan para balap sepeda.

Target ketiga yang dicapai adalah perolehan medali yang berhasil diraih para atlet Indonesia. Kemudian yang keempat, Indonesia menargetkan finis di posisi 60 besar. Namun pada akhirnya Indonesia berhasil membawa total raihan sembilan medali membawa Indonesia ke peringkat 43 Paralimpiade Tokyo 2020.

Berikut rincian medali yang berhasil diamankan Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020:

Medali Emas
1. Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (Bulutangkis, Ganda Putri SL3-SU5)
2. Hary Susanto/Leani Ratri Oktila (Bulutangkis, Ganda Campuran SL3-SU5)

Medali Perak
3. Ni Nengah Widiasih (Angkat Besi/Powerlifting, 41kg Putri)
4. Dheva Anrimusthi (Bulutangkis, Tunggal Putra SU5)
5. Leani Ratri Oktila (Bulutangkis, Tunggal Putri SL4)

Medali Perunggu
6. Saptoyogo Purnomo (Atletik, Lari 100m Putra T37)
7. David Jacobs (Tenis Meja, Tunggal Putra TT10)
8. Suryo Nugroho (Bulutangkis, Tunggal Putra SU5)
9. Fredy Setiawan (Bulutangkis, Tunggal Putra SL4)

(NAF)