Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Austrian International Challenge 2014] Febe Jumpa Unggulan Teratas di Semifinal
22 Februari 2014
[Austrian International Challenge 2014] Febe Jumpa Unggulan Teratas di Semifinal
 
 

Menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang berlaga di nomor tunggal putri Austrian International Challenge 2014, Maria Febe Kusumastuti tak lantas gentar. Atlet yang diunggulkan di tempat ketiga itu berhasil terus melaju ke babak semifinal turnamen yang digelar di benua biru itu.

Berhadapan dengan pemain Rusia, Olga Golovanola di perempat final, atlet besutan PB Djarum ini sempat tertinggal di interval game pertama, tipis 9-11. Namun kemudian, Febe berhasil mengeluarkan permainan sebenarnya dan akhirnya mampu menyamakan kedudukan di angka 12, dan selanjutnya mengunci sang lawan di poin 13 untuk menutup game pertama dengan 21-13.

Game kedua berlangsung lebih sengit, Febe kembali tertinggal di paruh awal game, kali ini dengan skor 5-9. Empat angka yang diraihnya mampu membuat skor kembali imbang, kejar mengejar pun terus terjadi di sepanjang game ini. Bahkan Febe yang pernah meraih gelar Australia Grand Prix 2009 ini baru bisa memastikan tiket ke semifinal dengan skor 21-18.

Di babak semifinal sendiri, Febe sudah dinanti oleh unggulan pertama, Hsiao Ma Pai. Pemain asal Taipei ini lolos ke babak empat besar usai menundukkan Monica Szoke dari Hungaria. Ia melenggang tanpa melalui banyak kesulitan, skor pun telak 21-9 dan 21-11.

Pertemuan antara Febe dengan Pai di babak semifinal yang akan digelar hari ini (21/2) akan menjadi pertemuan ketiga antara dua srikandi ini. Di mana di dua laga sebelumnya, Febe belum bisa berbicara banyak. Ia pun mengakui keunggulan Pai dengan 15-21 dan 12-21 di pertemuan terakhirnya yang terjadi di Macau Open 2011 silam. Di atas kertas, Febe pun terpaut cukup jauh. Febe saat ini menghuni rangking 50 dunia sementara Pai ada di urutan ke 30. Namun tentu hal ini bukanlah jaminan terhadap apa yang akan terjadi di lapangan.


Selain Febe, Indonesia pun masih diwakili oleh atlet tunggal putra dimana Andre Kurniawan Tedjono masih bisa menunjukkan tajinya. Ia berhasil lolos ke semifinal usai mengalahkan Wang Tzu Wei yang juga dari Taipei. Unggulan delapan ini sempat dibuat repot dan baru bisa menang setelah bertanding tiga game 24-22, 15-21 dan 21-12.

Di babak semifinal, Andre akan menantang Rasmus Fladberg. Atlet Denmark ini lolos ke semifinal usai menghentikan langkah Niluka Karunaratne dari Sri Lanka yang secara mengejutkan di babak sebelumnya mampu menundukkan Nan Wei dari Hongkong. Rasmus menang dengan skor 21-14 dan 21-18.

Rasmus juga lah yang menghapus atlet muda Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa. Atlet binaan PB Djarum asal Tasikmalaya itu harus mengakui keunggulan Rasmus di babak 16 besar dengan 20-22 dan 14-21. (IR)