Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [BWF World Tour Finals 2020] Greysia/Apriyani di Grup A
26 Januari 2021
[BWF World Tour Finals 2020] Greysia/Apriyani di Grup A
 
 

Para pemain terbaik dunia akhirnya berkumpul semuanya di Bangkok, Thailand, untuk mengikuti kejuaraan BWF World Tour Finals 2020. Kejuaraan ini tentunya menandakan berakhirnya rangkaian kejuaraan selama tahun 2020. Kejuaraan ini juga sedianya dilaksanakan di akhir tahun 2020 dengan Guangzhou, Tiongkok sebagai kota penyelenggara. Namun pandemi yang berkepanjangan memaksa pelaksanaan kejuaraan ini mengubah segalanya.

Bangkok akhirnya dipilih menjadi tempat penyelenggara, sementara tanggal pelaksanaan bergeser menjadi 27-31 Januari 2021. Sayangnya, kejuaraan ini tidak dihadiri oleh sederet bintang dari Tiongkok dan Jepang. Kembali, pandemi ini membuat pengurus bulutangkis negara masing-masing urung memberangkatkan para pemainnya.

Indonesia memiliki satu wakil dari ganda putri melalui pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Ganda nomor satu Indonesia ini lolos secara meyakinkan. Satu tiket digenggam mereka usai menjadi juara pada kejuaraan Yonex Thailand Open dan juga menjadi semifinalis pada ajang Toyota Thailand Open.

Dari undian yang telah dikeluarkan, Greysia/Apriyani berada di Grup A. Lagi-lagi Greysia/Apriyani akan bersua dengan lawan abadinya, Lee Sho Hee/Shin Seung Chan dari Korea. Dua ganda Malaysia juga masuk dalam Grup A, yakni Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dan Vivian Hoo/Yap Cheng Wen.

Di Grup B lebih berwarna, ada juara Toyota Thailand Open Kim So Yeong/Kong Hee Yong, kemudian ada finalis Yonex Thailand Open Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan dua wakil Eropa, Chloe Birch/Lauren Smith asal Inggris dan Linda Efler/Isabel Herttrich dari Jerman.

Berbicara peluang pada kejuaraan dengan total hadiah US$1,500.000, pasangan Indonesia, Greysia/Apriyani memilikinya. Apalagi jika berkaca pada hasil dari head to head dengan pasangan lain di Grup A. Lawan terberat bagi Greysia/Apriyani jelas akan datang dari Lee/Shin. Tercatat dua kali kedua pasangan ini bertemu di tahun ini. Greysia/Apriyani menang di babak semifinal Yonex Thailand Open, sementara Lee/Shin mengambil kemenangan di babak semifinal pada kejuaraan Toyota Thailand Open. Tetapi dari total enam kali pertemuan, Greysia/Apriyani menang dengan 4 -2.

Dengan ganda Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, ganda Indonesia juga menang dari statistik pertandingan. Tiga kali bertemu, Greysia/Apriyani menang dengan 2-1. Hanya saja, Greysia/Apriyani harus hati-hati, karena pada pertemuan terakhir di China Open, Greysia/Apriyani menelan kekalahan.

Rekor kemenangan juga masih berpihak pada Greysia/Apriyani dengan ganda Malaysia lainnya Vivian Hoo/Yang Cheng Wen. Greysia/Apriyani menang di satu-satunya pertemuanyang sudah terjadi di kejuaraan Denmark Open 2019. (AR)