Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open Grand Prix Gold 2013] Empat Tunggal Putri Di Malaysia
30 April 2013
[Malaysia Open Grand Prix Gold 2013] Empat Tunggal Putri Di Malaysia
 
 

Dua pebulutangkis putri Indonesia asal PB Djarum mengikuti turnamen Malaysia Open Grand Prix Gold 2013 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia mulai tanggal 30 April sampai 4 Mei 2013. Maria Febe Kusumastuti dan Febby Angguni akan mencoba meraih keberuntungan di turnamen yang menyediakan hadiah total sebesar US$ 120.000,-. Hera Desi dan Milicent Wiranto, juga turut ambil bagian di kejuaraan ini.

Dari empat tunggal putri, hanya Hera Desi yang berhasil menembus daftar unggulan. Ia berada pada unggulan ketujuh. Tunggal putri India Sindhu PV memuncaki daftar unggulan tunggal putri. Tiga tunggal putri Thailand menguasai daftar unggulan berikutnya. Busanan Ongbumrungpan menjadi unggulan kedua, berada di atas Sapsiree Taerattanachai dan Nichaon Jindapon.  Tuan rumah Malaysia di wakili oleh Sonia Su Ya Cheah yang menempati unggulan keenam dan Tee Jing Yi yang bertengger di unggulan ke delapan. Gu Juan asal Singapura menempati unggulan ke lima.

Babak pertama untuk Febby akan di jalani dengan bertemu wakil dari Singapura, Xing Aiying. Dalam pertemuan resmi, keduanya belum pernah saling berhadapan. Ini menjadi pertemuan pertama pemain yang sama-sama telah berada dalam peringkat 100 besar dunia. Perbedaan peringkat yang tidak terlalu jauh antara keduanya  memberikan prediksi pertandingan akan berjalan ramai. Jika lolos, kemungkinan Febby akan bertemu unggulan kedelapan Tee Jing Yi.

Semestinya Maria Febe Kusumastuti mampu melewati hadangan pertama. Pasalnya, Arundhati Pantawane asal India secara peringkat masih di bawah Febe, meski pertandingan kali ini merupakan pertemuan pertama antara keduanya. Di babak kedua, ia masih menunggu pemenang antara Gu Juan yang menempati unggulan kelima dengan Cheng Shao Chieh. Dua calon lawan yang akan dihadapi nanti di babak kedua, keduanya pernah dihadapi Febe. Hanya saja dalam catatan pertemuan dengan keduanya, Febe memiliki rekor yang tidak menguntungkan baginya. Dalam pertemuan resmi, Febe tertinggal 1-3 dari pemain Singapura Gu Juan. Sementara dengan Cheng Shao Chieh, Febe menyerah 0-2.

Hera Desi dan Milicent Wiranto berada dalam satu papan undian. Jika keduanya mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak pertama, maka keduanya akan saling berhadapan di babak kedua dan Indonesia memastikan satu tempat di babak perempatfinal.  Hera akan bertemu Chochuwong Pornpawee di babak pertama, sementara Milicent akan melayani permainan tunggal putri asal tuan rumah Lydia Li Ya Cheah. (AR)