Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Olimpiade Tokyo 2020] Undian Tempatkan Kevin/Marcus Di Grup A
09 Juli 2021
[Olimpiade Tokyo 2020] Undian Tempatkan Kevin/Marcus Di Grup A
 
 

Pentas Olimpiade Tokyo 2020 mulai panas, terutama di cabang olah raga bulutangkis. Padahal pertandinganya sendiri belum dilaksanakan. Hal ini lebih dikarenakan badan bulutangkis dunia (BWF) sudah menerbitkan semua undian pertandingan di lima sektor yang dipertandingkan. Indonesia yang diwakili oleh pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sudah mulai bisa menganalisa lawan-lawannya.

Hasil undian menempatkan Kevin/Marcus di Grup A bersama dengan pasangan dari China Taipei Lee Yang /Wang Chi Lin, Ben Lane/Sean Vendy asal Inggris dan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy dari India. Sementara Ahsan/Hendra satu grup dengan ganda Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik lalu Choi Solgyu/Seo Seung Jae dari Korea dan Jason Anthony Ho Shue/Nyl Yakura asal Kanada.

Lawan yang akan ditemui oleh Kevin/Marcus di Tokyo, Jepang merupakan pasangan yang biasa dihadapi pada turnamen-turnamen yang diselenggarakan BWF. Dengan Lee Yang/Wang Chi Lin, pasangan Indonesia yang mendapat julukan “The Minions” sudah tiga kali bertemu dan bisa memenangkan seluruh pertandingan. Terakhir bertemu Kevin/Marcus menang di babak semifinal kejuaraan akbar All England 2020. Tetapi Kevin/Marcus tetap harus waspada. Pasalnya pada tiga kejuaraan yang dilaksanakan awal tahun 2021 dan berlangsung di Thailand, ganda China Taipei ini berhasil membuat hatrick dengan merebut semua gelar juara. Rekor kemenangan telak juga dipegang oleh Kevin/Marcus dari ganda India Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy. Delapan kali bertemu, Kevin/Marcus menang tanpa cela. Hanya dengan ganda Inggris saja Kevin/Marcus belum pernah bertemu.

Begitu pula dengan Ahsan/Hendra. Pasangan dengan julukan “The Dadies” ini menang 6 - 1 dari ganda Malaysia. Menurut catatan yang ada pada BWF, Ahsan/Hendra belum pernah bertemu dengan pasangan dari Kanada. Hanya yang perlu menjadi perhatian ekstra bagi Ahsan/Hendra adalah pasangan Korea. Empat kali bertemu, Ahsan/Hendra baru sekali menang di pertemuan terakhir pada kejuaraan BWF World Tour Finals 2020 yang berlangsung di Thailand. Dengan ganda Kanada, Ahsan/Hendra belum pernah bertemu.

Para juara dan runner up dari masing-masing grup berhak meneruskan pertandingan ke babak perempat final. Pengundian ulang akan dilakukan untuk menentukan lawan di babak delapan besar.

Hasil Pengundian

Grup A

-       Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

-       Lee Yang/Wang Chi Lin

-       Ben Lane/Sean Venry

-       Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy.

 

Grup B

-       Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe

-       Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen

-       Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov

-       Gowin Olafua/Anaouluwapo Juwon Opeyori

 

Grup C

-       Li Junhui/Liu Yuchen

-       Takeshi Kamura/Keigo Sonoda

-       Mark Lamsfuss/Marvin Seidel

-       Philip Chew/Ryan Chew

 

Grup D

-       Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

-       Aaron Chia/Soh Wooi Yik

-       Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae

-       Jason Anthony Ho Shue/Nyl Yakura