Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [India Open Super Series 2013] Indonesia Sertakan Dua Tunggal Putri
24 April 2013
[India Open Super Series 2013] Indonesia Sertakan Dua Tunggal Putri
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Mundurnya Lindaweni Fanetri dari kejuaraan India Open Super Series 2013 membuat kekuatan Srikandi Indonesia berkurang. Indonesia akhirnya hanya menyertakan dua pemain tunggal putri saja di kejuaraan yang menyediakan hadiah total sebesar US$ 200.000,-. Bellaetrix Manuputty dan Aprilla Yuswandari menjadi dua kekuatan putri Indonesia di kejuaraan yang di selenggarakan mulai tanggal 23 hingga 28 April 2013.

Kejuaraan yang di selenggarakan di kota New Delhi, India ini bisa dikatakan sepi dari pemain bintang putri dunia. Sejumlah pemain teras China tidak terlihat di papan undian. Empat pemain China yang biasa malang melintang di dunia bulutangkis tidak hadir. Li Xuerui, Wang Yihan, Wang Shixian, Jiang Yanjiao tidak ada dalam daftar peserta. China hanya menyertakan dua pemain mudanya seperti Yao Xue dan Yu Sun.

Minimnya pemain papan atas yang hadir, membuat peta kekuatan putri berpusat pada pemain tuan rumah Saina Nehwal yang dijagokan untuk merebut gelar juara, di samping Juliane Schenk asal Jerman yang menjadi unggulan kedua. Pemain belia asal Thailand, Ratchanok Inthanon juga siap menghentak publik India dengan permainannya yang menawan. Juara dunia Yunior tiga kali ini menempati unggulan ketiga di atas pemain Jepang Minatsu Mitani yang menjadi unggulan keempat. Pemain Korea Selatan Bae Yeon Ju mengintip di peringkat kelima pada daftar unggulan.

Posisi pemain putri Indonesia Bellaetrix Manuputty terjepit di papan undian atas. Bella, panggilan akrab Bellaetrix Manuputty mendapat undian yang kurang menguntungkan. Belum juga beranjak dari babak pertama, ia sudah harus menghadapi unggulan pertama. Di pertandingan pertamanya,ia harus bertemu pemain terbaik India yang menempati unggulan pertama, Saina Nehwal. Bela pernah sekali bertemu di kejuaraan All England Super Series 2013 lalu. Kala itu Bela kalah straight set 16-21, 11-21.

Undian sedikit menguntungkan diterima Aprilla Yuswandari. Di babak pertama ia tidak langsung bertemu dengan pemain unggulan. Ia hanya akan menjamu Natalia Perminova asal Rusia. Aprilia pernah menang dari pemain Rusia yang kini menempati peringkat 68 dunia. Kemenangan dibuat pada kejuaraan India Open Grand Prix Gold 2012 lalu. Di babak kedua kemungkinan ia akan bertemu dengan unggulan keempat asal Jepang, Minatsu Mitani. (AR)