Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Loloskan Finalis di Ganda Putra
28 Agustus 2011
Indonesia Loloskan Finalis di Ganda Putra
 
 

Pasangan ganda putra Indonesia, Angga Pratama/Ryan Agung Saputra merambah final keduanya tahun ini setelah menang sangat tipis di semifinal Vietnam Open Grand Prix 2011 yang berlangsung kemarin (27/8). Di final, mereka akan menghadapi wakil Singapura penakluk Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan.

“Tadi kami bermain berani dan konsentrasi pada setiap poin,” tukas Ryan mengenai pertandingan semifinalnya melawan Goh Wei Shem/Lim Khim Wah (Malaysia). Pertandingan yang berlangsung selama 50 menit tersebut berakhir dengan skor kemenangan tipis, 8-21, 21-10, dan 22-20.

Kemenangan Angga/Ryan atas Goh/Lim ini sekaligus membalas kekalahan mereka atas pasangan Malaysia tersebut saat bertemu di Singapore Open Super Series dua bulan lalu. Saat itu, Angga/Ryan batal masuk babak utama karena terlanjur dijegal oleh Goh/Lim di babak kualifikasi.

Di final, Angga/Ryan akan bertemu dengan pasangan senior Singapura, Chayut Triyachart/Danny Bawa Chrisnanta yang di perempat final berhasil menjegal pasangan Indonesia lainnya, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan, dan kemudian mengalahkan Mak Chun Hee/Ong Soon Hock (Malaysia) di semifinal dengan skor 16-21, 21-19, dan 21-12. Angga/Ryan dan Chayut/Danny belum pernah bertemu sebelumnya.

Final di Vietnam Open Grand Prix ini adalah final kedua Angga/Ryan tahun ini. Sebelumnya mereka pernah melaju ke final India Open Super Series, namun akhirnya gagal merebut gelar karena kalah dari Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata, yang di Vietnam kali ini sudah gugur duluan di perempat final.

Tunggal Putri Pertemukan Singa dengan Matahari

Final tunggal putri akan mempertemukan putri dari negeri singa, Fu Mingtian dengan putri dari negeri matahari terbit, Kaori Imabeppu. Di semifinal kemarin, keduanya berhasil menekuk lawannya dengan dua game langsung. Fu menang 21-19, 21-15 atas Hwang Hye Youn (Korsel), sedangkan Kaori unggul 21-15, 21-18 atas wakil Taipei unggulan ketiga, Tzu Ying Tai.

Pertarungan final antara kedua putri tersebut nampaknya akan sengit. Jejak rekam Fu sudah lebih panjang daripada Kaori, namun Kaori memiliki prestasi yang lebih kental. Prestasi terbaik Kaori adalah menjuarai Swedish International 2011, sedangkan prestasi terbaik Fu hanyalah menjadi semifinalis di Singapore Open International Series 2011 dan perempat finalis German Open Grand Prix Gold 2011. Dalam hal peringkat, mereka tak berbeda jauh, berada di peringkat 40-an. Karenanya, final tunggal putri hari ini nampaknya akan berjalan seru dan menarik karena kedua finalis nampak berimbang.

Pertandingan final Vietnam Open Grand Prix 2011 nampak semarak dengan lolosnya enam negara ke babak ini. Setiap partai akan mempertandingkan dua finalis dari negara yang berbeda. Singapura meloloskan finalis terbanyak, yakni, masing-masing satu di tunggal putri (Fu Mingtian), ganda putra (Chayut Triyachart/Danny Bawa Chrisnanta), dan ganda putri (Shinta Mulia Sari/Yao Lei). (DC)