Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hong Kong Open Super Series 2012] Yoke/Hendra Buat Kejutan
22 November 2012
[Hong Kong Open Super Series 2012] Yoke/Hendra Buat Kejutan
 
 

Pasangan ganda putra Indonesia Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan membuat kejutan pada babak pertama kejuaraan Hong Kong Open Super Series 2012. Yonathan, atlet ganda putra asal PB Djarum yang akrab di sapa dengan sebutan Yoke, bersama dengan Hendra Aprida Gunawan menang dari unggulan ketujuh Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata. Yoke/Hendra menang rubber game atas ganda Jepang dengan 15-21, 21-16, 21-19.

Empat ganda putra Indonesia lainnya juga mencatatkan kemenangan di babak pertama. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan meski menang dari ganda Jerman Ingo Kindervater/Johannes Schoettler, tetapi butuh tiga game untuk melangkah ke babak kedua. Kalah di game pertama dengan 18-21, ganda Indonesia menang di dua game tersisa dengan 21-14, 21-14.

Pasangan Bona Septano/Afiat Yuris Wirawan juga membukukan kemenangan di babak pertama. Ganda Malaysia Gan Teik Chai/Ong Soon Hock tak berdaya menghadapi ganda putra Indonesia yang baru-baru ini di pasangkan. Bona/Afiat menang dua game dengan 21-18, 21-17.

Kemenangan dua game juga di dapat unggulan kedelapan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra. Bermain di lapangan kedua Hongkong Coliseum, finalis kejuaraan Indonesia Open Grand Prix 2012 ini menang atas pasangan dari Prancis Baptiste Careme/Gaetan Mittelheisser dengan angka sama 21-14, 21-14.

Pasangan senior juga tak mau ketinggalan. Markis Kido yang kini berpasangan dengan Alvent Yulianto ikut melaju ke babak kedua usai mengalahkan ganda India Manu Attri/Sumeeth Reddy B. Hanya saja, ganda yang juga belum lama di padukan ini butuh penyesuaian di game pertama sehingga menyerah dengan 11-21.  Di dua game tersisa, ganda Indonesia ini balik menang dengan 21-11, 21-15.

Dari lima pasangan Indonesia yang berhasil menerobos babak kedua, hanya pasangan Bona Septano/Afiat Yuris Wirawan yang harus menghadapi pasangan unggulan. Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa yang menempati unggulan kelima asal Jepang akan menjadi lawan bagi Bona/Afiat di babak kedua.

Bagi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, babak kedua kejuaraan yang menyediakan hadiah total US$ 350.000,- akan menjadi ajang balasan atas kekalahan mereka dari ganda Korea Selatan Shin Baek Choel/Yoo Yeon Seong. Ganda Korea Selatan ini yang akan di hadapi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak kedua. Pada pertemuan pertama mereka di kejuaraan Denmark Open Super Series Premier 2012, Ahsan/Hendra menyerah dalam dua game.

Dua ganda putra Indonesia lainnya di babak kedua juga tidak akan bertemu ganda unggulan. Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan hanya akan menghadapi ganda Malaysia Hoon Thien How/Tan Wee Kiong, sementara Markis Kido/Alvent Yulianto akan bertemu dengan ganda China Taipei Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin.

Satu-satunya kekelahan di babak pertama di derita ganda muda Indonesia Hafiz Faizal/Putra Eka Rhoma yang menyerah dari ganda India Pranaav Jerry Chopra/Akshay Dewalkar dengan 16-21, 23-21, 17-21. (AR)