Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Mutiara Juara Asia Junior 2023
05 Januari 2023
Mutiara Juara Asia Junior 2023
 
 

Hadirnya pebulutangkis Mutiara Ayu Puspitasari di kancah bulutangkis seolah-olah memberikan jawaban atas hadirnya generasi baru di sektor tunggal putri, sektor yang selama ini sering dianggap sulit menelurkan pemain-pemain masa depan. Mutiara seolah-olah menjadi pelepas dahaga akan hadirnya pemain yang siap menerima tongkat estafet prestasi.

Nama pemain yang biasa dipanggil dengan Muti ini mendadak sontak menjadi sohor. Pemain yang merupakan hasil tempaan dari klub PB Djarum menjadi buah bibir pada kejuaraan bulutangkis BNI Badminton Asia Championships 2023 (Individual). Tak lain tentunya karena ia berhasil tampil sebagai juara pada kejuaraan yang dilaksanakan di Yogyakarta. Apalagi pada kejuaaran tersebut hadir pula jago-jago pemain masa depan dari China, Jepang, Korea Selatan, dan negara lainnya. Tapi Muti tidak gentar sedikitpun. Semua pemain junior dari negara-negara terdepan dalam olahraga bulutangkis mampu ia hentikan.

Usai mendapat bye di babak pertama nomor perorangan, Muti menghentikan wakil dari Jepang, Nina Matsuta pada babak kedua. Dalam dua game Muti menang 21-18, 21-18. Di babak ketiga kembali Muti menang dua game. Muti menang 21-18, 21-16 atas wakil dari China, Pan Hao Yu. Di babak keempat pemain Korea, Kim Min Sun juga didepak dalam dua game, 21-15, 21-17. Hanya Lin Ran Huang, pemain asal China yang bisa mengajak Muti bermain rubber game pada babak perempat final. Muti menang dalam laga sengit tiga game 17-21, 21-19, 21-19. Di semifinal, pemain China lainnya, Qun You Shu bisa ditaklukkan Muti dalam dua game, 22-20, 21-13. Di babak final saatnya ia megalahkan pemain Korea Kim Min Ji dalam dua game 21-11, 21-17. Total Muti mengalahkan tiga pemain China, dua wakil Korea dan satu tungal putri Jepang dalam upayanya merebut gelar juara tunggal putri dari kejuaraan khusus pemain junior Asia nomor perorangan. Di nomor beregu Muti dan kawan-kawan sukses meraih runner up diajang yang sama atau Asia Junior Championships 2023. Masa itu Indonesia kalah tipis 2-3 dari Jepang pada babak final. Yang perlu dicatat pada babak final nomor beregu, Muti mengalahkan andalan Jepang, Tomoko Miyazaki yang merupakan juara tunggal putri pada ajang BWF World Junior Champhionships 2022.

Muti juga menjadi andalan Indonesia pada kejuaraan BWF World Junior Championships 2023. Medali perak juga bisa ia persembahkan bersama teman-temannya. Di babak final Indonesia harus mengakui ketangguhan tim China dengan skor 1-3.

Muti juga sempat menembus babak perempat final pada kejuaraan Victor Denmark Masters 2023 yang berlangsung di Hillerod, Denmark. Muti kalah dari rekannya Komang Ayu Cahya Dewi, pada babak delapan besar. (AR)