Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Paralimpiade Tokyo 2020] Sumbang Enam Medali, Para Bulutangkis Cetak Prestasi yang Penuh Inspirasi
05 September 2021
[Paralimpiade Tokyo 2020] Sumbang Enam Medali, Para Bulutangkis Cetak Prestasi yang Penuh Inspirasi
 
 

Cabang olahraga para bulutangkis sukses menghadirkan penampilan yang memukau dalam debutnya di ajang olahraga terakbar atlet difabel Paralimpiade. Dari total raihan Sembilan medali Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020, atlet para bulutangkis menyumbangkan enam medali.

Dua medali emas yang menjadi capaian tertinggi diberikan oleh nomor ganda putri SL3-SU5 Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dan ganda campuran SL3-SU5 yang diwakili Leani dengan Hary Susanto.

Chef de Mission Kontingen Indonesia, Andi Herman mengatakan raihan ini bahkan berhasil melampaui target awal yang ditetapkan. Andi juga memuji pencapaian dua emas di ajang Paralimpiade yang diraih atlet para bulutangkis.

“Raihan emas kedua bagi kontingen Indonesia ini bukan saja prestasi luar biasa bagi bangsa Indonesia tetapi juga merupakan sebuah sejarah bagi NPC Indonesia yang meraih medali di Paralimpiade,” kata Andi dalam rilis yang dikirimkan Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia.

“Selain perjuangan yang berat dari pemain Indonesia tetapi hasil ini juga memberikan inspirasi bagi kita bahwa atlet Indonesia bisa berprestasi di kancah dunia. Jadi hasil ini merupakan prestasi yang luar biasa karena mampu melebihi target awal yang kita tetapkan sebelum berangkat ke Paralimpiade 2020,” kata Andi lagi.

Medali perak diraih oleh Leani di nomor tunggal putri SL4 dan tunggal putra SU5, Dheva Anrimusthi. Sementara medali perunggu dipersembahkan oleh Suryo Nugroho pemain tunggal putra SU5 dan Fredy Setiawan tunggal putra SL4.

Tambahan medali para bulutangkis ini menjadikan Indonesia mengoleksi dua emas, tiga perak dan empat perunggu. Indonesia sebelumnya mematok target lima medali yakni satu emas, satu perak, dan tiga perunggu. (NAF)