Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tim Thomas Indonesia Juara Kualifikasi, Tim Uber Indonesia Tumbangkan India
27 Februari 2010
Tim Thomas Indonesia Juara Kualifikasi, Tim Uber Indonesia Tumbangkan India
 
 

Nakhon Ratchasima, 27 Februari 2010 - Walaupun masih dalam lingkup putaran kualifikasi zona Asia Piala Thomas 2010, namun Indonesia boleh sedikit berbangga hati. Pasalnya, tim putra merah-putih hari ini merebut gelar juara atas Korea Selatan dengan skor ketat 3-2 serta memastikan kehadiran di Kuala Lumpur untuk putaran final Piala Thomas Mei nanti. Tim putri pun memastikan tempat di putaran final Piala Uber.

Tiga poin yang direbut tim Thomas Indonesia kesemuanya disumbangkan oleh tunggal putra. Pertandingan berlangsung sangat ketat, tetapi ketiga pertandingan tunggal cukup melalui dua set saja. Tunggal pertama, Taufik Hidayat, memecahkan angka kritis dan menang 21-19 dan 21-15 atas Park Sung Hwan.

Sayang, ganda Indonesia pertama Markis Kido/Alvent Yulianto Chandra yang berhasil merebut set pertama 21-14, dan nyaris menang di set kedua saat memimpin 19-18, akhirnya harus terseret ke rubber set karena terselip dan kalah 21-19. Lawan mereka, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong bermain ganas di set ketiga dan meninggalkan Kido/Alvent jauh di belakang. Ko/Yoo menyumbangkan poin pertama bagi Korea Selatan setelah menutup rubber set, 21-14.

Berimbang satu sama, pertandingan tunggal kedua berlangsung cukup "ringan." Sony Dwi Kuncoro menang 21-9 dan 24-22 atas Kim Sa Rang. Indonesia memimpin 2-1. Cukup satu poin tambahan untuk menjadi juara, namun pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama Dasuki tidak kuasa menyumbangkan poin penentuan kemenangan tersebut. Rian/Yonatan kalah tipis 21-19, 11-21, dan 12-21 dari Hwang Ji Man/Kim Ki Jung. Partai kelima pun akhirnya harus dimainkan.

Indonesia menurunkan Simon Santoso, peringkat 12 dunia, juara Denmark Open Super Series 2009. Sedangkan Korea menurunkan Choi Ho Jin, sang muda berperingkat 339 dunia namun pernah menaklukkan si macan Tiongkok Lin Dan di Kejuaraan Asia Timur Desember silam.

Ho Jin yang masih muda bermain sangat alot. Walaupun terlihat perbedaan level, namun karena keuletannya, Ho Jin mampu menempel Simon dengan amat ketat. Untunglah Simon tidak lengah dan mampu menutup set pertama 21-18.

Set kedua cukup membuat jantung pendukung Indonesia berdebar kencang karena Simon sempat tertinggal 3-9 lalu 6-12. Keadaan ini cukup membuat ngeri mengingat Simon adalah penentu, sedangkan fakta di dua pertandingan ganda putra sebelumnya, Indonesia merebut set pertama namun kemudian kehilangan set kedua - dan set penentuan, sehingga akhirnya kehilangan poin.

Namun Simon tiba-tiba mengganas. Ia mengejar ketinggalannya sampai 13 sama dan setelahnya ia tak lagi terbendung. Nampaknya Ho Jin terkejut dengan perubahan tiba-tiba tersebut, namun sudah tidak cukup waktu lagi baginya untuk beradaptasi ulang. Simon pun akhirnya berteriak lantang dan mengepalkan tinjunya saat menang 21-19.

Menang atau kalah, sebenarnya Indonesia sudah memastikan kursi di putaran final Piala Thomas 2010. Tetapi, seperti yang dikatakan oleh manajer tim kualifikasi Thomas Indonesia Yacob Rusdianto, "Kalau bisa juara akan sangat membanggakan." Itulah tentunya yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia atas perjuangan para ksatria Thomas Indonesia di Nakhon Ratchasima.

Tim Uber Menang Telak Atas India

Tim Uber Indonesia pun tak mau kalah. Sebelum kemenangan gemilang tim Thomas merah-putih, putri-putri Indonesia juga memastikan lolos ke putaran final Piala Uber 2010 setelah mengalahkan India telak 3-0 di semifinal hari ini.

Satu-satunya kekuatan utama India, yakni, Saina Nehwal telah langsung digulung oleh Adriyanti Firdasari di pertandingan pembuka. Firda menang 21-16 dan 21-15. Dua poin lainnya disumbangkan oleh Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (yang kembali dipasangkan seperti biasa) dan Maria Kristin Yulianti yang kemarin diistirahatkan.

Besok (28/2) tim putri Indonesia akan kembali berhadapan dengan Korea Selatan yang mengalahkan Jepang 3-1. Di hari terakhir babak round robin, Indonesia menang 4-1 atas Korea Selatan yang berada di grup yang sama. Tentunya hasil yang sama bahkan lebih baik diharapkan dari pertandingan final esok hari.

Hasil Pertandingan Tim Indonesia Hari Ini

TIM THOMAS

1. Taufik Hidayat vs Park Sung Hwan: 21-19, 21-15
2. Markis Kido/Alvent Yulianto Chandra vs Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong: 21-14, 19-21, 14-21
3. Sony Dwi Kuncoro vs Kim Sa Rang: 21-9, 24-22
4. Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama Dasuki vs Hwang Ji Man/Kim Ki Jung: 21-19, 11-21, 12-21
5. Simon Santoso vs Choi Ho Jin: 21-18, 21-19

TIM UBER

1. Adriyanti Firdasari vs Saina Nehwal: 21-16, 21-15
2. Greysia Polii/Nitya Krishinda vs Aparna Balan/Shruti Kurian: 21-16, 21-15
3. Maria Kristin Yulianti vs Sayali Gokhale: 24-22, 21-12