Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Pertarungan Ketat, Indonesia Takluk 2-3 Lawan China
23 Maret 2010
Pertarungan Ketat, Indonesia Takluk 2-3 Lawan China
 
 

Langkah tim yunior Indonesia pada turnamen Asia 2010 dibawah umur 19 tahun akhirnya terhenti di babak Semifinal. Tim Indonesia menyerah atas tim China. Meski kalah, seluruh pemain Indonesia memperlihatkan perlawanan yang luar biasa bahkan mampu mencuri dua angka kemenangan dari tim China sebelum akhirnya kalah 2-3.

Setelah ganda campuran Indonesia Ricky Karanda Suwardi/ Della Destiara Haris dipaksa menyerah dari pasangan ganda campuran China Liu Cheng/ Bao Yixin dengan 19-21, 19-21, tim Indonesia sempat memberikan harapan ketika dua angka kemenangan langsung diperoleh Tim Indonesia melalui partai tunggal dan ganda putra. Evert Sukamta di tunggal putra bermain cemerlang dan berhasil menundukkan pemain tunggal putra China, Cai Ruiqing dengan 21-16, 21-14. Kedudukan secara tim pun berubah menjadi 1 – 1. Di partai ketiga, ganda putra asal PB Djarum kembali berhasil membukukan angka kemenangan bagi tim Indonesia. Meski harus melalui pertarungan panjang dan melelahkan, Jones Ralfi Jansen/ Dandi Prabudita, peraih juara Kejurnas 2009 dan juara Sirnas Kalimantan 2010 ini berhasil mengalahkan ganda China Li Gen/ Song Ziwei dengan 21-18, 14-21, 21-18. Kedudukan pun berubah menjadi 2-1 untuk tim Indonesia. Tim Indonesia hanya tinggal membukukan satu kemenangan lagi untuk maju ke babak final. Namun Rena Soewarno yang bermain apik saat mengalahkan pemain Korea Selatan tak berdaya dan takluk di tangan Suo Di dengan 13-21, 14-21. Kedudukan secara tim pun kembali imbang 2 – 2. Ganda putri yang menjadi partai penentuanpun gagal di manfaatkan oleh pasangan Indonesia, Della Destiara Haris/ Suci Rizki Andini. Pemain pelatnas pratama ini menyerah dari Tang Jinhua/ Xia Huan dengan 12-21, 17-21.

Di babak final tim China yang di favoritkan untuk meraih gelar juara akan berhadapan dengan juara tahun lalu, tim Malaysia yang di babak semifinal berhasil menundukkan tim Thailand dengan 3-1.

Bagi Indonesia, meski hanya menjadi semifinalis, hasil ini memperbaiki posisi dari peringkat kelima pada tahun lalu menjadi semifinalis pada tahun ini. Untuk selanjutnya, mulai tanggal 24 Maret - 28 Maret 2010 kejuaraan perorangan akan berlangsung ditempat yang sama. Tahun lalu, Indonesia berhasil meraih 1 gelar juara melalui pasangan ganda putra Rendy Sugiarto yang berasal dari PB Djarum, yang dipasangkan dengan Angga Pratama.