Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Piala Uber : China Tantang Indonesia di Semifinal
13 Mei 2010
Piala Uber : China Tantang Indonesia di Semifinal
 
 

Unggulan pertama, China, akan menghadapi tim Uber Indonesia esok sore (13/5) di semifinal setelah mengalahkan India tanpa aral berarti hari ini. Harapan utama India, Saina Nehwal, kali ini gagal mengulang kesuksesan masa lalunya menjegal beberapa putri China walaupun sebenarnya ia nyaris memberi pukulan keras bagi China karena berhasil merebut set pertama 21-14 dari tangan Wang Yihan. Permainan net cantik Saina masih menjadi andalannya sehingga Yihan kesulitan mengontrol jalannya pertandingan.

Namun di set kedua gantian Yihan yang mengendalikan permainan dengan tidak memberikan kesempatan bagi Saina untuk melancarkan permainan net mautnya.  Yihan membuat Saina pontang panting dengan kombinasi seimbang serangan smes-smes maupun penempatan bola cantik, baik pada daerah net maupun bagian belakang lapangan Saina. Permainan Saina pun tidak berkembang dan akhirnya terhenti di angka 11; kemenangan bagi Yihan.

Rubber set pun berlangsung miris dan tipis. Kedua pemain saling berkejaran nilai; mereka mengeluarkan segala kemampuan mereka. Saina yang mengerti bahwa permainan netnya sudah terbaca, akhirnya mengubah permainannya dan menjadi lebih agresif. Angka masih berkejaran sampai skor 18-18. Namun kemudian Yihan-lah yang berhasil mematahkan perseteruan itu, dan menutup set penentuan tersebut 21-18. Mereka bergulat hampir selama satu jam.

Dua pertandingan berikutnya terasa tidak berimbang. China menghabiskan mereka dalam waktu kurang dari setengah jam, dengan dua set langsung. Esok China akan menghadapi tim Uber Indonesia yang selama ini telah bermain prima dan penuh semangat.

"Melawan China memang berat, tetapi bukan berarti kalah sebelum bertanding," ujar Djendjen Djaenanasri, Manajer tim Uber Indonesia 2010. "Kami akan memberi perlawanan sepenuhnya."

Indonesia akan melawan China pada pukul lima sore Waktu Indonesia Barat (WIB) esok hari.

Korea Kecolongan Satu Angka

Melawan Rusia, ternyata Korea harus merelakan kehilangan satu poin. Tunggal kedua Korea runner up Korea Super Series 2010, Sung Ji Hyun, kalah di tangan Tatjana Bibik 12-21, 21-8, dan 21-14.

Tatjana saat ini berada di peringkat 45 dunia dan kurang begitu terdengar namanya karena selama ini ia lebih banyak berkecimpung di turnamen internasional kawasan Eropa dan sekitarnya. Namun prestasinya cukup mengesankan, yakni, menjuarai Welsh International 2009, serta menjadi runner up di Hungarian International Championship 2009, Russian Grand Prix 2009, dan Kharkov International 2009.

Tetapi tidak hanya Tatjana yang berhasil menuai kejutan. Ganda pertama Rusia, Valeria Sorokina/Nina Vislova juga nyaris merebut kemenangan dari juara Olimpiade Beijing 2008, Lee Hyo Jung/Kim Min Jung walaupun akhirnya harus kalah dengan sangat tipis, 23-21, 9-21, dan 22-24. Esok Korea akan berjibaku dengan Jepang. (DC)

Hasil Uber Hari Ini

Indonesia vs Malaysia: 3-0
Jepang vs Denmark: 3-1
China vs India: 3-0
Korea vs Rusia: 3-1