Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Rendy/Afiat Coba Peruntungan di Jerman
01 September 2010
Rendy/Afiat Coba Peruntungan di Jerman
 
 

Dua atlet ganda putra jebolan PB Djarum, Yohanes Rendy Sugiarto/ Afiat Yuris Wirawan untuk kali kelima pada tahun ini berusaha mengukir prestasi terbaik. Kali ini publik Jerman di GOR Saarlandhalle yang akan menjadi saksinya selama pertandingan Bitburger Open Grand Prix Gold 2010 berlangsung, 31 Agustus sampai 5 September 2010.

Mereka akan langsung berhadapan dengan unggulan keenam asal Inggris, Marcus Ellis/Robin Middleton. Walaupun beremblem unggulan, namun dilihat dari sejarah, bisa saja Afiat/Rendy menjungkalkan pasangan unggulan ini.

Pasalnya, Marcus dan Robin sudah lama tidak berpasangan bersama. Mereka hanya pernah berpasangan tiga kali di ajang internasional kawasan Eropa selama tahun 2009, yakni, All England 2009, Austrian International Challenge 2009, dan Swedish International Stockholm 2009 (perempat finalis). Sedangkan sepanjang tahun ini, Marcus biasanya berpasangan dengan Peter Mills sedangkan Robin dengan Chris Langridge. Ini tentunya berbeda dengan Rendy/Afiat yang sepanjang tahun ini selalu berpasangan dan bahkan mampu menjadi semifinalis India Grand Prix Gold 2010.

Karenanya, diharapkan Rendy/ Afiat dapat menjadi kuda hitam dan lolos setidaknya sampai ke perempat final dimana mereka diprediksikan bertemu dengan unggulan ketiga asal Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, peringkat 24 dunia dan juara Dutch International 2010 serta beberapa turnamen regional Eropa lainnya tahun lalu.

Mereka akan bertanding pada hari ketiga, Kamis, 2 September 2010. Menemani mereka di kategori ini adalah Angga Pratama/Rian Agung Saputro, pasangan Pelatnas perempat finalis Malaysia Grand Prix Gold 2010.

Sekilas Tentang Afiat dan Rendy

Afiat adalah seorang pemuda ceria yang dilahirkan di Boyolali, 21 tahun silam. Ia bergabung dengan PB Djarum pada tahun 2007. Ia menjuarai Waikato International Series 2007 dan dalam “kehijauannya” saat itu, ia mampu menembus babak utama Thailand Grand Prix 2007, yang ia anggap sebagai salah satu pencapaian terbaiknya karena, “Saya bermain bagus dan level saya sebenarnya berada di bawah level turnamen tersebut,” ujarnya.

Sebelum berpasangan dengan Rendy, yuniornya di PB Djarum, Afiat sempat berpasangan dengan Wifqi Windarto di Pelatnas selama tiga tahun (2007-2009). Rendy sendiri adalah Juara Asia U-19 2009. Masih berusia 19 tahun dan diperlengkapi dengan tinggi badan 180 cm, Rendy adalah seorang pemuda yang penuh tekad dan semangat.

“Setiap saya tidak bertanding, saya menonton pertandingan-pertandingan terutama yang diperkirakan akan menjadi calon lawan saya,” ujar Rendy tahun lalu setelah memenangkan Kejuaraan Asia U-19. Kelebihan Rendy lagi adalah tipe bermainnya yang adaptif sehingga dapat menyesuaikan permainan dengan pasangannya.
Selamat berjuang di Jerman ! (DC)