Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Pertahankan Gelar Juara
05 Oktober 2011
Pertahankan Gelar Juara
 
 

Kejuaraan bulutangkis Asia kelompok umur 15 tahun dan 17 tahun kembali di gelar di kota Chiba, Jepang tanggal 5-9 Oktober 2011. PB Djarum ikut berpartisipasi dalam bagian tim Yunior Indonesia. Tim PB Djarum sendiri berkekuatan 6 atlet putra dan 4 atlet putri.

Juara ganda putra U-15 tahun lalu, Jeka Wiratama/Rafiddias Akhdan Nugroho kembali datang untuk mempertahankan gelar juara. Ketika itu mereka mengalahkan andalan Korea Kim Jeong Seok/Seo Seung Jae di final dengan rubber game 21-17, 16-21 dan 21-18. Namun tahun ini, Jeka/Rafiddias harus berjuang di kelompok diatasnya, U-17.

Mereka mendapat bye di babak pertama dan akan memulai pertarungan di babak kedua melawan pasangan Jepang, Yu Igarashi/Yuki Nakazato. Yu Igarashi sendiri sudah bertarung di kelompok U-17 tahun lalu. Ketika itu ia berpasangan dengan Yugo Kobayashi dan mencapai babak kedua. Bila mereka lolos maka akan menghadapi pemenang antara Ramachandran Shlokh/Prasad Shyam (India) dengan Pineda Roberto/Co Theodore Christopher Matthew (Philipina) di perempat final.

Di nomor tunggal putra U-17, Indonesia menggantungkan harapan kepada Andrew Susanto dan M. Bayu Pangisthu. Keduanya membuat prestasi apik menjelang berangkat. Dua pekan lalu, Bayu berhasil menjuarai nomor tunggal remaja putra Sirnas Pangkal Pinang. Sedangkan Andrew yang merupakan putra dari pasangan mantan bintang bulutangkis Indonesia Hermawan Susanto dan Sarwenda Kusumawardhani, mencatatkan diri sebagai semifinalis di kelompok yang sama dengan Bayu.

Peluang Bayu dan Andrew di kejuaraan ini cukup berat. Bayu yang mendapat bye di babak pertama sudah harus berhadapan dengan unggulan kedua, Soo Teck Zhi dari Malaysia. Sementara Andrew akan menghadapi pemenang antara Yu Igarashi (Jepang) dengan Park Byeong Hun (Korea).

Febriani/RistyaDi kelompok U-17 ini, PB Djarum juga menerjunkan dua pasangan ganda putri, Chintia Rhizta Andreti/Rosyita Eka Putri Sari dan Febriani Endar Kusumastuti/Ristya Ayu Nugraheny. Sedangkan di kelompok U-15 hanya menurunkan pemainnya di ganda putra. Nomor yang tahun lalu dijuarai Jeka/Rafiddias ini, kali ini dipercayakan kepada Yahya Adi Kumara/Yantoni Edy Saputra.