Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kalahkan Thailand untuk Lolos ke Putaran Final
06 Februari 2012
Kalahkan Thailand untuk Lolos ke Putaran Final
 
 

Dari hasil pengundian babak kualifikasi Piala Uber Zona Asia, Indonesia perlu menjadi juara grup Y dengan mengalahkan Thailand (unggulan keempat). Ganda putri solid; kunci kemenangan nampak menjadi beban di partai tunggal.

Nanti kuncinya ada di Firda (Adriyanti Firdasari – red),” ujar salah satu pemain putri yang masuk ke Piala Uber, Nitya Krishinda Maheswari. “Jika Firda bisa optimal kondisinya, maka kita bisa merebut poin.”

Di SEA Games tahun lalu, Indonesia memang sempat sengit melawan Thailand. Di final nomor beregu, Thailand mencuri poin di nomor tunggal. Saat itu yang berhadapan dengan Porntip adalah Lindaweni Fanetri karena peringkat Linda saat itu lebih tinggi daripada Firda. Namun di Piala Uber kali ini, Firda kembali menjadi pemain tunggal putri nomor satu Indonesia, maka ia disinyalir akan berhadapan dengan Porntip.

FebeTim Uber Indonesia dan Thailand memang nampak akan kembali sengit saat bertemu nanti. Tunggal Indonesia diwakili oleh Adrianti Firdasari, Maria Febe Kusumastuti, Lindaweni Fanetri, dan Bellaetrix Manuputty. Sedangkan Thailand diwakili oleh Ratchanok Inthanon, Porntip Buranaprasertsuk, Sapsiree Taerattanachai, dan Nichaon Jindapon.

Melihat daftar tersebut, maka kemungkinan besar Firda akan bertemu Ratchanok kembali seperti di SEA Games yang lalu, sedangkan Febe atau Linda akan bertemu Porntip. Inilah kunci kemenangan Indonesia (atau Thailand), karena di partai ganda, Indonesia terlihat lebih solid.

Pasangan ganda putri Indonesia, Meiliana Jauhari/Greysia Polii akan menjadi tumpuan nomor satu untuk mengalahkan pasangan nomor satu Thailand, Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul. Nitya yang biasanya berpasangan dengan Anneke Feinya Agustine juga akan menjadi tumpuan utama karena di SEA Games yang lalu, mereka berhasil bermain gemilang dan merebut poin dari Thailand di nomor beregu.

Babak kualifikasi zona Asia Piala Uber maupun Thomas akan dilangsungkan di Macau Forum, Macau, 13-19 Februari 2012. Indonesia perlu lolos setidaknya ke semifinal untuk lolos ke putaran final. Untuk menghindari China di babak kualifikasi selanjutnya, Indonesia perlu menjadi juara grup Y dengan mengalahkan Thailand. (DC)