Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [World Junior Championships 2013] Luar Biasa! Kevin/Masita ke Partai Puncak
02 November 2013
[World Junior Championships 2013] Luar Biasa! Kevin/Masita ke Partai Puncak
 
 

Indonesia kembali mendapat kabar bahagia. Kali ini datang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin yang berlaga di babak semifinal Kejuaraan Dunia Junior (WCJ) 2013 nomor ganda campuran pada Sabtu (2/11) siang. Berlaga di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Kevin/Masita yang hampir sepanjang pertandingan terus tertinggal mampu membalik keadaan dan meraih tiket ke babak final.

Game pertama Kevin seakan masih tak bisa lepas, pukulan-pukulannya banyak yang keluar jauh dari lapangan pertandingan, Masita pun belum solid di pertahanan. Mereka pun kalah telak 6-21 di game pertama.


Harapan tim merah putih pun hampir sirna, saat Kevin/Masita tertinggal cukup jauh 11-17. Tapi mereka tak lantas kehilangan semangat. Bermain cantik dan apik, serve dari Masita membuahkan 10 angka yang diperlukan. Mereka berhasil memaksakan game ketiga setelah menang 21-17.


Pertarungan yang tak kalah menegangkan terjadi di game ketiga. Sempat unggul 10-8, Kevin/Masita balik tertinggal 10-11, bahkan kembali tertinggal dengan angka yang cukup jauh, kali ini 11-17. Namun, skenario serupa terjadi, Kevin/Masita mampu mengejar dan balik unggul 18-17. Permainan bola pendek membuat mereka berhasil membuat match point dikedudukan 20-18. Unggulan dua dari China itu sempat membuahkan satu angka, namun bola dari Huang yang menyangkut di net membuat tiket final untuk Indonesia, 21-19.


“Dipertandingan tadi saya merasa tidak ada tenaga, tapi saat ketinggalan dan bisa mengejar, saya hanya berfikir bahwa saya harus poin,” ujar Kevin.


Kevin yang merupakan binaan PB Djarum ini mengutarakan bahwa sepanjang pertandingan ia berusaha untuk melawan dirinya sendiri. “Saya sudah tegang sejak awal, sudah tidak yakin, tapi saya tidak mau kalah,” lanjutnya.


Sementara menurut Sigit Budiarto sang pelatih, secara psikologis Kevin masih belum bisa lepas dari kekalahan dia diganda putra. “Secara psikologis Kevin masih belum bisa melupakan kekalahannya kemarin, tapi saya salut dia bisa merubah keadaan, sedangkan kalau dari permainan Kevin/Masita banyak meraih angka dari permainan bola pendek,” ujarnya.


Kemenangan ini membawa Kevin/Masita untuk berjumpa dengan ganda China lainnya, Huang Kaixiang/Chen Qincheng yang mengalahkan unggulan pertama asal Korea, Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung dengan skor mencolok 21-13 dan 21-11.


“Tinggal satu langkah lagi, pokoknya saya harus mati-matian,” pungkas Kevin.


Pertandingan antara Kevin/Masita melawan Huang/Chen akan menjadi pertemuan kedua mereka. Pekan lalu di semifinal nomor beregu, Kevin/Masita berhasil menang 19-21, 21-16 dan 21-15.