Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games Myanmar 2013] Bella Persembahkan Medali Emas
15 Desember 2013
[SEA Games Myanmar 2013] Bella Persembahkan Medali Emas
 
 

Pebulutangkis putri Indonesia, Bellaetrix Manuputy berhasil mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia pada pesta olahraga Multi Event Sea Games 2013 yang di langsungkan di Myanmar. Bella, panggilan akrab Bellaetrix Manuputy, sukses melewati target yang di berikan dari PBSI untuk nomor tunggal putri. Semula nomor tunggal putri memang tidak di targetkan untuk bisa meraih medai emas pada SEA Games ke-27 ini.

Pada babak final kemarin, Bella bertemu andalan dari Thailand Busanan Ongbamrungphan dari Thailand. Tak terlihat jika Bella akan menang dari pemain Thailand yang menduduki unggulan ke-2 ini. Bella banyak membuat kesalahan yang tidak semestinya di game pertama dan membuat pemain Thailand berperingkat 18 dunia ini merebut kemenangan dengan 21-9.

Di game kedua, Bella bangkit. Sadar akan kekuatan smash lawan, Bella kemudian  banyak menurunkanbola dan menyerang dengan smash keras. Rupanya taktik ini berhasil. Bella pun menang di game ke dua dengan 21-13. Pada game penentuan Bella tak merubah taktik dan serangan. Bella mampu menghalau kelelahan fisik dengan semangat pantang menyerah. Bella pun merebut game ketiga dengan 21-13. Atas keberhasilannya merebut medali Emas SEA Games 2013 membuat rekor pertemuan antar pemain ini berubah menjadi 1-2 masih di pegang pemain Thailand.

"Ini adalah kado Natal terindah untuk saya dan keluarga. Target pribadi saya memang medali emas, saya juga sudah mempersiapkan diri secaramaksimal menuju ajang SEA Games 2013," ujar Bella kepada website PBSI.

"Jujur saja awalnya saya sempat merasa takut karena sebelumnya saya dua kali kalah dari Busanan. Selain itu, waktu dia melawan Aprilia Yuswandari di babak kedua, skornya jauh," tambahnya.

“Sehabis game pertama dimana saya kalah telak, ci Chiu Sia (Liang Chiu Sia, Kepala Pelatih Tunggal Putri PBSI) bilang kalau apapun yang saya terapkan pasti kalah juga di lapangan. Jadi di game kedua saya diminta main lepas dan sesuka saya mau menerapkan pola seperti apa. Di saat ini saya malah merasa enjoy, tidak ada beban dan malah enak mainnya," pungkasnya.

Di tunggal putra, Dionysius Hayom Rumbaka gagal mengawinkan medali emas SEA Games Myamar 2013. Hayom gagal meneruskan kejutan lanjutan setelah menyerah di partai final di tangan unggulan ke-2 Tanongsak Saensomboonsuk dengan 20-22, 17-21.

“Saya sudah melakukan usaha maksimal. Namun lawan punya serangan yang bagus, ini yang cukup menyulitkan buat saya. Pada pertandingan tadi, saya lebih banyak di bawah tekanan,”
Ujar Hayom.  (AR)