Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Vietnam Open Grand Prix 2014] Kalahkah Nguyen, Hayom Ke Babak Final
07 September 2014
[Vietnam Open Grand Prix 2014] Kalahkah Nguyen, Hayom Ke Babak Final
 
 

Selangkah lagi pebulutangkis tunggal putra asal PB Djarum, Dionysius Hayom Rumbaka bakal meraih gelar perdananya di tahun ini. Pemain yang biasa disapa dengan sebutan Hayom ini, kemarin (6/9) sukses menghentikan pemain tuan rumah Vietnam, Nguyen Tien Minh pada babak semifinal kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2014.

Hayom harus berjibaku selama lebih dari satu jam untuk mengalahkan pemain tuan rumah yang terkenal ulet ini. Penampilan Hayom sempat meragukan di game pertama. Pemain tuan rumah berperingkat 23 dunia ini tampil agresif dan mampu mengontrol jalannya permainan. Hayom pun menyerah di game pembuka dengan 15-21.

Di game kedua Hayom mulai bisa melepaskan diri dari tekanan lawan. Ia langsung berinisiatif mengontrol jalanya pertandingan. Dengan menerapkan strategi ini, Hayom  berbalik unggul di game kedua dengan 21-17.

Di game penentuan, kedua pemain tampil habis-habisan. Nguyen yang tampil didukung oleh penonton tuan rumah, mampu merubah kembali pola permainan. Beruntung Hayom tak larut dalam irama permainan lawan. Meski harus melewati deuce, Hayom akhirnya bisa menutup pertandingan dengan kemenangan 23-21.

“Tadi di game pertama saya salah strategi. Lawan langsung berani menekan dan juga bisa mengontrol permainan,” ujar Hayom. “Di set kedua saya coba untuk mengubah permainan dan mengontrol jalannya pertandingan,” tambahnya.

“Di game penentuan, Nguyen ganti pola permainan lagi. Dia di dukung penonton, ini yang membuat dia sulit dikalahkan. Tapi memang melawan Nguyen harus siap capek karena dia pemain ulet,” pungkasnya.

Pada babak final yang akan dilangsungkan hari ini (10/6), Hayom akan bertemu pemain India Prannoy HS. Hayom belum pernah bertemu dengan  pemain India berperingkat 50 dunia ini. Namun Hayom sudah membaca kelebihan lawan yang memiliki serangan tajam.

“Tetap optimis d babak final nanti. Dan saya akan berusaha bermain sabar. Pemain-pemain India terkenal ulet juga serangannya berbahaya,” tuturnya.

Jepang memastikan merebut gelar juara dari nomor tunggal putri. Dua pemain Jepang, Nozomi Okuhara akan memperebutkan gelar juara dengan rekannya Aya Ohori. (AR)