Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2015] Perjumpaan ke-18 Owi/Butet dan Xu/Ma
25 April 2015
[Badminton Asia Championships 2015] Perjumpaan ke-18 Owi/Butet dan Xu/Ma
 
 

Duel ganda campuran papan atas dunia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melawan Xu Chen/Ma Jin kembali akan terjadi. Kali ini di babak semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia (BAC) hari ini (25/4), setelah kemarin (24/4) keduanya berhasil memenangkan laga perempat final mereka.

Tontowi/Liliyana atau yang akrab disapa Owi/Butet berhasil melaju mulus ke semifinal setelah berhasil menang dalam dua game atas Lu Kai/Huang Yaqiong. Juara All England tiga kali beruntun ini unggul 21-19 dan 21-11 dalam tempo 37 menit.

“Permainan di game pertama dan kedua sebenarnya tidak berbeda, hanya saja di game pertama saya banyak melakukan kesalahan,” ujar Tontowi seperti dilansir oleh badmintonindonesia.org.

Langkah Owi/Butet ini berhasil disusul oleh duet Xu/Ma yang menang atas wakil Korea, Shin Baek Cheol/Chang Ye Na dengan 21-15 dan 21-19.

Perjumpaan antara kedua ganda elit dunia ini akan menjadi yang ke 18 kalinya, dimana rekor pertemuan untuk sementara ini Owi/Butet tertinggal 7-10. Dalam dua laga terakhir, keduanya berbagi kemenangan. Di final Denmark Open tahun lalu, Owi/Butet yang kala itu diunggulkan ditempat keempat harus mengakui keunggulan Xu/Ma yang menempati unggulan ketiga dengan 20-22 dan 15-21, tetapi satu pekan kemudian, Owi/Butet berhasil membalas kekalahan dengan menang di babak semifinal French Open 2014 dengan 21-17 dan 21-16.

“Lawan mereka all out saja, karena ketemu mereka kan menang kalah. Main terbaik dan maksimal saja, apalagi mereka tuan rumah, kami harus siap capek untuk lawan mereka. Di sini juga tidak ada challenge (teknologi eagle eye – red), jadi semua keputusan ada di wasit dan hakim garis, kami harus waspada dan jangan sampai terpengaruh,” ujar Liliyana

Sayang, langkah Owi/Butet ke semifinal gagal diikuti oleh Praveen Jordan/Debby Susanto. Mereka kembali dipaksa mengakui keunggulan wakil Hong Kong, Chun Hei Reginald Lee/Hoi Wah Chau dengan skor tipis, 21-14, 15-21 dan 20-22. Chun/Hoi selanjutkan akan berjumpa dengan Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo dari Jepang yang melenggang tanpa bertanding setelah Zhang Nan/Zhao Yunlei mengundurkan diri dari pertandingan. (IR)