Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2015] Indonesia Siap Hadapi Inggris
11 Mei 2015
[Piala Sudirman 2015] Indonesia Siap Hadapi Inggris
 
 

Hari ini (11/5) menjadi laga perdana bagi Indonesia pada kejuaraan bulutangkis beregu  campuran Piala Sudirman 2015. Indonesia yang berada pada Grup 1 C akan mengawali pertandingan di babak penyisihan grup melawan tim dari Inggris. Inggris  saat ini memiliki kartu truff untuk melawan Indonesia. Inggris memiliki ganda campuran yang handal, pasangan Chris Adcock/Gabrielle Adcock yang saat ini menempati peringkat 7 dunia. Tunggal putra Inggris pun masih lebih baik dibandingkan trio muda yang di bawa Indonesia.

Meski memiliki  pasangan suami istri Adcock, namun Indonesia punya pasangan jangkar Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Dari enam kali perjumpaan kedua pasangan ini, juara All England 2014 asal Indonesia mempunyai rekor pertemuan yang baik. Saat ini head to head antar kedua pasangan ini masih dipegang pasangan Indonesia dengan 5 kali kemenangan berbanding 1 kali kekalahan.

Tak hanya itu, pasukan merah putih pun masih memiliki senjata lainnya dari nomor ganda putra, ganda putri serta tunggal putri. Tak heran jika Rexy Mainaki, selaku manajer tim Piala Sudirman Indonesia merasa yakin jika Indonesia mampu mencuri empat kemenangan.

Untuk poin andalan sebenarnya kalau bisa ya rebut semua nomor. Kalau melihat dengan realistis, strong area kita memang adanya di ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Tapi kalau lihat tunggal putri Indonesia masih di atas Inggris. Tinggal kita tunggu saja siapayang mereka turunkan. Paling tidak bisa mencuri poin dari empat sektor tersebut,” ujar Rexy kepada badmintonindonesia.org.

Namun bukan berarti kami mengecilkan tunggal putra, tapi justru kami berharap tunggal putra bisa memberikan kejutan.  Selama ini orang beranggapan Indonesia lemab di tunggal putra dan putri. Untuk itu saya harapkan dari dua nomor tersebut bisa membuat kejutan,” tambahnya.

Indonesia bisa menurunkan satu diantara tiga tunggal putri terbaiknya untuk menghadapi putri Inggris. Selain Lindaweni Fanetri, masih ada Belaetrix Manuputty dan pemain muda Hana Ramadhini. Sementara itu di tunggal putra, salah satu dari tiga pemain siap di turunkan menghadapi negeri kerajaan tersebut. Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Khalik diharapkan bisa tampil membuat kejutan.

“Pada prinsipnya pemain-pemain yang sudah kami siapkan untuk melawan Inggris sudah siap. Sudah kami arahkan dan sudah sama-sama menganalisa calon lawan. Mereka sudah dipersiapkan semaksimal mungkin. Selama ini pelatih dan pemain juga sudah melihat pemain-pemain lain di lapangn. Paling tidak kami sudah ada gambaran. Tapi kami tetap harus menjaga agar jangan sampai pemain over confident, yang menyebabkan lengah di lapangan,” tambah Rexy. (AR)