Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Thailand Open Grand Prix Gold 2015] Ganda Putra Kuasai Babak Delapan Besar
02 Oktober 2015
[Thailand Open Grand Prix Gold 2015] Ganda Putra Kuasai Babak Delapan Besar
 
 

Pasukan ganda putra Indonesia yang berlaga pada kejuaraan bulutangkis Thailand Open Grand Prix Gold 2015 menguasai babak perempat final. Indonesia berhasil menempatkan tiga wakil di babak delapan besar. Hasil ini lebih baik di bandingkan Malaysia yang hanya menempatkan dua wakil. Tuan rumah Thailand sendiri hanya mempunyai satu wakil sama dengan Jepang dan Hongkong.

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Markus Fernaldi membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan ke-6 dari Jepang Kenta Kazuno/Kazushi Yamada. Di babak awal ganda Indonesia sempat tertekan dan tertinggal 9-12. Keadaan menjadi berbalik setelah Kevin/Gideon ganti menekan hingga setelah angka sama 18-18, ganda yang baru di bentuk awal tahun inipun menang dengan 21-18.

Berada di atas angin, Kevin/Gideon tak mengendurkan tekanan di game kedua. Hanya sempat berbagi angka sama 1-1, ganda Indonesia yang kini berada pada peringkat 28 dunia ini tuntas menghentikan ganda Jepang berperingkat 21 dunia dengan 21-13.

Perang saudara antara dua ganda Indonesia ahirnya di menangkan oleh pasangan Angga Pratama/Rikcy Karanda Suwardi. Setelah menang di game pertama dengan 21-13 dari rekannya Berry Angriawan/Ryan Agung Saputra, Angga/Ricky tak harus menyelesaikan pertandingan di game kedua. Saat angka menunjukkan 11-9, Berry/Ryan memberikan kemenangan kepada Angga/Ricky karena Berry memilih mundur akibat cidera di lengan kanan atas.

Pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf juga ikut melenggang ke babak perempat final usai mengalahkan wakil Malaysia Thien How Hoon/Khim Wah Lim dengan straight game 21-12, 21-14.

Peluang para ganda putra Indonesia untuk kembali menguasai nomor ganda putra masih menjanjikan. Ketiganya masih tetap memiliki peluang menembus babak semifinal. Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Markus Fernaldi memiliki peringkat lebih baik di banding lawannya Or Chin Chung/tang Chun Man. Saat ini ganda asal Hongkong ini masih berada diluar 100 besar dunia.

Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf memiliki pengalaman menang dari ganda Thailand Puavaranukroh Dechapol/Kedren Kitinupong. Pada pertemuan pertama di kejuaraan Indonesia Masters 2014 lalu, ganda Indonesia menang rubber game.

Petarungan ketat akan di jalani oleh Angga/Ricky. Mereka akan bertemu ganda ulet asal Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Namun secara peringkat, ganda Indonesia masih lebih baik.

Lawan Jepang nanti ya kami mau main maksimal aja. Harus kuasai lapangan. Sekarang lebih ke persiapan diri aja, biar besok lebih maksimal,” ujar Ricky kepada badmintonindonesia.org. (AR)