Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Indonesian Masters 2016] Balas Kekalahan, Ronald/Melati ke Final
10 September 2016
[Indonesian Masters 2016] Balas Kekalahan, Ronald/Melati ke Final
 
 

Laga “perang saudara” di nomor ganda campuran antara Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti melawan Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia terjadi di semifinal Yonex-Sunrise Indonesian Masters 2016. Di laga yang digelar di Dome, Balikpapan pada Sabtu (10/9) siang, adalah pertemuan kedua antara kedua pasangan ganda campuran ini. Sebelumnya Ronald/Melati dipaksa mengakui keunggulan Hafiz/Shela di Taipei Open 2016 lalu, kala itu Ronald/Melati kalah 21-10, 17-21 dan 13-21.

Berbekal kekalahan di Taipei, Ronald/Melati akhirnya bisa membalas kekalahan mereka. Sejak awal pertandingan, Ronald/Melati yang diunggulkan ditempat kedua berhasil mendominasi pertandingan. Unggul 11-7 di interval, Ronald/Melati sempat balik tertekan bahkan tertinggal 17-20. Tak menyerah begitu saja, Ronald/Melati akhirnya bisa merebut lima angka yang mereka butuhkan dan menang tipis 22-20 di game pembuka.

Di game kedua, duet yang kini berada di ranking 19 dunia ini berhasil mendominasi. Meraih tujuh angka beruntun, Ronald/Melati unggul 19-10 dan akhirnya menutup laga dengan 21-16.

“Kami banyak belajar dari kekalahan kami sebelumnya, kami kalah dan salahnya dimana. Kami melakukan evaluasi dan pelajari bagaimana. Dan tadi kami berusaha untuk menerapkan hasil evaluasi kami di pertandingan tadi,” ujar Ronald usai laga.

“Mereka temponya lambat dan di pertandingan sebelumnya kami terbawa ritme permainan mereka, dan hari ini kami berhasil memaksa mereka mengikuti pola permainan kami yang lebih cepat,” tambah Ronald.

Di partai puncak yang akan digelar besok (11/9), Ronald/Melati akan berjumpa dengan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dari Malaysia. Unggulan tiga ini menghentikan Edi Subaktiar/Richi Puspita Dili dengan 21-19 dan 21-15. Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua pasangan ini.

“Untuk pertandingan besok kami akan tetap waspada, dan kami akan mencoba juga berdiskusi dengan teman-teman mengenai kekuatan ganda Malaysia ini dan bagaimana mengatasinya. Pokoknya untuk besok kami ingin bisa main all out, waspada dan fokus,” pungkas Melati.

Selain di ganda campuran, Indonesia pun akan diwakili oleh satu wakil di nomor ganda putra. Saat berita ini diturunkan, tengah bertanding duet sesama wakil Indonesia antara Kevin Sanjaya Sukamuljo/Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira melawan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwandi. (RI)