Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2017] Ratchanok: Harus Menang Membuat Saya Terbebani
27 Mei 2017
[Piala Sudirman 2017] Ratchanok: Harus Menang Membuat Saya Terbebani
 
 

Perjalanan Thailand di arena Piala Sudirman 2017 berakhir sudah. Sempat berhasil menciptakan kejutan dengan menumbangkan Denmark yang merupakan unggulan dua di perempat final, tim negeri gajah putih akhirnya harus menyerah di tangan Korea di laga semifinal pada Sabtu (27/5).

Thailand sebenarnya sempat membuka asa setelah ganda campurannya, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai berhasil mencuri angka di partai pertama. Namun sayang, tiga partai berikutnya berhasil diraih oleh atlet-atlet Korea. Ratchanok Intanon yang tampil di partai keempat, gagal mengatasi Sung Ji Hyun.

Di pertemuan ke 15 ini, Ratchanok kembali dipaksa mengaku keunggulan tunggal putri nomor empat dunia itu. Kalah 13-21 di game pembuka, Ratchanok tertinggal jauh 5-16. Namun ia tak lantas menyerah, perlahan ia mengumpulkan satu demi satu angka dan bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 14-17. Sayang, kesalahan-kesalahan sendiri yang ia lakukan membuat pertandingan ini berakhir dengan 17-21.

Baca juga: [Piala Sudirman 2017] Son Wan Ho Samakan Kedudukan

"Hari ini saya tidak dalam kondisi terbaik saya, di lapangan tadi saya agak sulit bernafas. Di sisi lain juga saya memang merasa terbebani karena harus menang. Di akhir game kedua saya mulai bisa menemukan ritme permainan saya, tapi itu sudah terlalu terlambat," ujar Ratchanok usai laga.

Di awal tahun ini, Ratchanok sempat mengalami cedera engkel. Tetapi ia mengaku, hal ini bukan menjadi kendalanya di laga semifinal tadi. "Bukan engkel, saya hanya terlalu tertekan dan terbebani. Saya jadinya terlalu khawatir, jadi pergerakan saya agak lambat," tambahnya.

Kendati harus tersingkir di babak semifinal, Ratchanok mengaku bangga dengan capaian tim gajah putih kali ini. "Meskipun kalah di semifinal, saya sangat bangga dengan tim saya, kami bisa bekerja sama dengan baik. Pertandingan di perempat final juga sebenarnya sulit, tetapi kami bisa sampai ke semifinal dan saya senang dengan hasil ini," pungkasnya.

Dengan hasil ini, Korea akan menanti pemenang duel antara Tiongkok lawan Jepang yang akan digelar mulai pukul 15.00 WIB. (RI)