Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Tour Finals 2018] Tunggal Putra Habis
14 Desember 2018
[BWF World Tour Finals 2018] Tunggal Putra Habis
 
 

Tak ada lagi peluang bagi tunggal putra Indonesia untuk berbicara lebih jauh lagi di kejuaraan bulutangkis BWF World Tour Finals 2018. Dua wakil Indonesia yang lolos ke kejuaraan yang dilaksanakan di Guangzhou, Tiongkok semuanya terhenti di babak penyisihan grup.

Anthony Sinisuka Ginting tak mampu berbuat banyak di grup A. Tiga kali bertanding, tiga kali pula ia kalah dari lawan-lawannya. Di hari pertama, peraih medali perunggu Asian Games Jakarta 2018 kalah ruber game dari pemain China Taipei Chou Tien Chen dengan 21-17, 18-21, 18-21. Lalu di hari kedua, Anthony kembali menelan kekalahan dari pemain Tiongkok Shi Yuqi dengan 8-21, 19-21. Di hari terakhir penyisihan grup, Anthony tak berdaya. Ia kalah dua game dari pemain nomor satu Korea Son Wan Ho 11-21, 10-21. Dengan hasil tiga kali kekalahan membuatnya terpuruk di klasemen akhir grup A. Walhasil Anthony menjadi juru kunci atau menempati posisi ke empat dibawah Shi Yuqi, Son Wan Ho dan Chou Tien Chen. Shi Yuqi dan Son Wan Ho  akhirnya menjadi wakil grup A di babak semifinal.

Tommy Sugiarto yang bertanding di grup B mendapatkan hasil yang sedikit lebih baik. Ia bisa meraih satu kemenangan dari tiga kali pertandingan. Kemenangan didapat di hari pertama saat menghadapi pemain dari Thailand Kantaphon Wangcharoen. Tommy menang rubber game, 21-18, 18-21, 21-11. Sayangnya kondisi pisik Tommy menurun drastis di hari kedua. Ia tak berkutik dan dikalahkan pemain India Sameer Verma dengan 16-21, 7-21. Bertemu dengan pemain nomor satu Jepang Kento Momota, Tommy juga tidak bisa berbuat banyak. Tommy harus menerima nasib mengalami kekalahan ketiga dari Kento Momota dengan 14-21, 8-21. Posisi Tommy di klasemen akhir grup B berada pada urutan ketiga. Kento Momota dan Sameer Verma menjadi pebulutangkis yang lolos dari grup B. (AR)