Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2020] Fajar/Rian Menang, Indonesia Rebut Poin Kedua dari China
17 Oktober 2021
[Piala Thomas & Uber 2020] Fajar/Rian Menang, Indonesia Rebut Poin Kedua dari China
 
 

Indonesia kian mengukuhkan diri di babak final Piala Thomas 2020 dengan memimpin skor 2-0 dari China. Setelah Anthony Sinisuka Ginting mengantongi poin pertama, kini giliran Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang merebut poin kedua.

“Yang pasti luar biasa, karena ini juga salah satu cita-cita kami dari kecil untuk bermain di Thomas Cup dan sekarang bisa menyumbangkan poin untuk Indonesia di partai final. Memang salah satu tujuan kami bisa memenangkan Piala Thomas setelah 19 tahun,” ungkap Fajar mengenai laganya di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10).

Fajar/Rian mengalahkan pasangan “dadakan” He Ji Ting/Zhou Hao Dong dua game langsung 21-12, 21-19 dalam 43 menit. Meski bukan pasangan asli, Fajar/Rian mengatakan ganda China memiliki modal yang cukup bagus sebagai individu. Namun hal tersebut memang tak bisa mengurangi kenyataan, bahwa He/Zhou masing kurang solid di lapangan.

“Yang pertama, memang tim China sangat luar biasa, apalagi dengan kekuatannya. Tapi kami tidak memikirkan itu, karena satu sama lain ada kelebihan dan kekurangan. Tapi ini keuntungan buat kami, karena mereka bukan pasangan asli, jadi rotasi mereka kurang,” ujar Fajar.

Tak hanya sukses menyumbangkan poin buat Indonesia, kemenangan ini juga memiliki arti tersendiri buat Fajar/Rian. Sebab keduanya berhasil membuktikan, bahwa mereka bisa dipercaya menjadi ganda putra pertama.

“Yang pasti siapa pun yang diturunkan, menjadi ganda pertama ataupun ganda kedua kami selalu siap. Ini saatnya kita buat pembuktian juga, kita pengen juga dipercaya untuk  untuk menjadi salah satu tulang punggung Indonesia. Jadi ganda putra tidak hanya Kevin/Marcus dan Hendra/Ahsan, tapi regenerasi juga harus terus berjalan. Kita siap ditunjuk, kita siap bertanding,” jelas Fajar.

Unggul 2-0, Indonesia kini berharap pada pemain di partai ketiga, Jonatan Christie. Jonatan akan berhadapan dengan Li Shi Feng.

Berikut hasil pertandingan sementara Indonesia vs China (2-0):

Tunggal Putra 1: Anthony Sinisuka Ginting vs Lu Guang Zu: 18-21, 21-14, 21-16

Ganda Putra 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong: 21-12, 21-19

Tunggal Putra 2: Jonatan Christie vs Li Shi Feng

Ganda Putra 2: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Daniel Marthin vs Liu Cheng/Wang Yi Lyu

Tunggal Putra 3: Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang

(NAF)