Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kilas Balik 2021] Ahsan Bersama Piala Thomas
04 Januari 2022
[Kilas Balik 2021] Ahsan Bersama Piala Thomas
 
 

Kabar fenomenal tahun 2021 berhasil ditorehkan oleh tim bulutangkis Indonesia. Piala Thomas yang merupakan lambang supremasi bulutangkis beregu putra akhirnya kembali ke Tanah Air setelah 19 tahun melanglang buana. Salah satu pemain yang turut andil membawa pulang Piala Thomas adalah Mohammad Ahsan. Bagi pemain kelahiran Palembang, 35 tahun lalu, ini merupakan sejarah terbaiknya selama berkarir menjadi atlet bulutangkis.

Tetapi pada tahun Kerbau Logam, dalam penanggalan China, Ahsan harus puasa tanpa gelar dari sektor perorangan. Perjalanan seorang Mohammad Ahsan di awal tahun 2021 belum lancar. Ahsan membuka tahun 2021 dengan hanya lolos ke babak perempat final di kejuaraan Yonex Thailand Open.

Lalu prestasinya membaik di kejuaraan Toyota Thailand Open dengan menjadi semifinalis. Pada kejuaraan terakhir yang dilaksanakan di Thailand, Ahsan bersama Hendra Setiawan tembus ke babak final pada kejuaraan BWF World Tour Finals 2020. Di babak puncak, Ahsan dan Hendra kalah dari pasangan Taiwan Lee Yang/Wang Chi Lin. Ini menjadi prestasi terbaiknya dari sektor perorangan.

Ahsan dan Hendra sempat memberi harapan untuk bisa meraih medali pada ajang Olimpiade Tokyo 2020. Ahsan dan Hendra muncul sebagai juara Grup D usai menang sebanyak tiga kali dari fase penyisihan. Buah sebagai juara grup, Ahsan dan Hendra berhak melanjutkan pertandingan ke babak perempat final.

Menang dari pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Ahsan dan Hendra menatap babak semifinal. Namun sayang, ia harus terjegal di tangan pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Pada perebutan medali perunggu pun Ahsan dan Hendra juga gagal. Ahsan dan Hendra dikalahkan ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Dari seri kejuaraan Eropa, Prestasi Ahsan dan Hendra hanya sampai perempat final. Dan itu terjadi di kejuaraan French Open 2021 serta Hylo Open 2021. Dari kejuaraan yang diselenggarakan di dalam negeri, Ahsan dan Hendra selalu terjungkal di tangan ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Pada kejuaraan Indonesia Masters 2021, Ahsan dan Hendra terhenti di babak kedua. Sesudahnya di kejuaraan Indonesia Open 2021, Ahsan dan Hendra malah terhadang di babak pertama. (AR)