Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Sejarah All England
01 Maret 2022
Sejarah All England
 
 

Dalam olahraga bulutangkis ada satu kejuaraan paling prestisius selain Olimpiade, yakni All England. Wajar jika kejuaraan ini menjadi incaran setiap insan bulutangkis dunia. Para pemain top dunia umumnya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan bertanding dan mencoba keberuntungan di All England. Tak jarang, jika kejuaraan ini selalu penuh dengan para pemain bulutangkis top dunia.

All England menjadi kejuaraan bulutangkis tertua sepanjang sejarah. Bisa dibayangkan, kejuaraan ini dimulai pada abad ke 19 atau tepatnya pada tahun 1898. Guildford, Inggris, menjadi kota pertama tempat penyelenggaraan kejuaraan. Awalnya pada tahun 1899 kejuaraan ini dilaksanakan hanya untuk sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran saja. Sektor tunggal putra dan putri baru dibuka kesempatannya pada penyelenggaraan berikutnya.

Pada masa perang dunia, kejuaraan ini sempat tidak diselenggarakan sebanyak dua periode. Periode pertama pada saat perang dunia pertama atau pada tepatnya antara 1915–1919. Saat terjadi perang dunia kedua atau pada periode periode tahun 1940 – 1946, kejuaraan ini juga dihentikan.

menurut www.allenglandbadminton.com, dalam sejarahnya kejuaraan ini sudah delapan kali mengalami perubahan lokasi pelaksanaan. Dari tahun 1899–1901 kejuaraan ini dilaksanakan di HQ London Scottish Regiment Drill Hall, Buckingham Gate. Lalu pindah pada tahun 1902 ke Crystal Palace, Sydenham, Kent ada tahun 1902. London Rifle Brigades City Headquarters, Bunhill Hill, London adalah tempat ketiga. Selama tujuh tahun atau pada tahun 1903 – 1909, All England diselenggarakan di sini. Tempat keempat adalah The Royal Horticultural Hall, Vincent Square London. Total sebanyak 25 tahun kejuaraan All England di tempat ini. Pertama kali pada tahun 1910 dan terakhir pada tahun 1939.

Usai perang dunia kedua, Haringay Arena London menjadi pilihan berikutnya. Tetapi hanya tiga tahun atau tepatnya 1947–1949 All England dilaksanakan di sini. Dimulai pada tahun 1950 sampai 1956 atau selama tujuh tahun, kejuaraan ditempatkan di Empress Hall, Earls Court, London.

Wembley, London menjadi tempat terlama penyelenggaraan All England. Tercatat 37 tahun All England dillaksanakan di sini. Pertama kali pada tahun 1957 dan terakhir pada 1993. All England kembali berpindah tempat. Mulai tahun 1994 sampai dengan sekarang, All England pindah ke National Indoor Arena, Birmingham. (AR)