Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2022] Kalahkan Unggulan, Rinov/Phita Melaju
26 April 2022
[Badminton Asia Championships 2022] Kalahkan Unggulan, Rinov/Phita Melaju
 
 

Hasil positif diperoleh pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Hanigtyas Mentari pada kejuaraan Badminton Asia Championships 2022. Rinov/Phita membuat kejutan pada kejuaraan yang dilaksanakan di Manila, Filipina. Hari ini (26/4), juara Spain Master 2021 ini menumbangkan unggulan keenam dari Hongkong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet pada babak pertama.

Secara peringkat, sebenarnya pasangan dari Hongkong lebih diunggulkan. Ditambah dari rekor pertemuan kedua pasangan ini masih dipegang oleh pasangan dari Hongkong. Dari dua kali pertemuan sebelumnya, ganda Hongkong berperingkat tujuh dunia unggul dengan 2-0. Tetapi fakta berbicara lain. Dominasi Rinov/Phita terlihat di game pertama. Usai angka sama 3-3, Rinov/Phita melesat menang jauh dengan 21-10. Di game kedua pasangan Hongkong sempat unggul sampai 11-4. Peralahan-lahan Rinov/Phita bisa mengejar dan membalikkan keadaan sampai 19-15. Sempat disamakan lawan sampai 19-19, Rinov/Phita menutup game kedua dengan 21-19. Dengan kemenangan ini, selain membawa Rinov/Phita melenggang ke babak kedua juga merubah head to head menjadi 2-1 masih untuk pasangan Hongkong.

Selain Rinov/Phita, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga bisa memenangkan pertandingannya di babak pertama. Dalam waktu 19 menit, unggulan keempat asal Indonesia ini menang straight game 21-9, 21-13 atas pasangan dari India, Venkat Gaurav Prasad/Juhi Dewangan.

Pada babak kedua, Rinov/Phita akan menghadapi pasangan dari Maldives, Hussein Zayan Shaheed/Fathimah Nabaaha Abdul Razzaq. Tantangan berat akan ditemui Praveen/Melati. Juara All England 2021 ini harus mewaspadai pasangan dari China, Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling yang akan menjadi lawannya. Pasalnya, pasangan China berperingkat 316 dunia bisa menaklukkan ganda asal Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See yang berada pada urutan 23 dunia pada babak pertama.

Sementara itu, pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso akan menantang unggulan pertama dari China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di babak kedua. Adnan/Mychelle menembus babak kedua usai mendapat kemenangan tanpa tanding karena lawannya yang berasal dari Singapura, Jun Liang Andy Kwek/Yu Jia Jin memilih mundur dari pertandingan.

Satu-satunya kekalahan dialami oleh pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Runner Up Orleans Masters 2022 dihentikan unggulan kedua asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 5-21, 12-21. (AR)