Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [ASEAN Para Games 2022] Ukun Rukaendi Mampu Persembahkan 2 Medali Emas di Usia 52 Tahun
05 Agustus 2022
[ASEAN Para Games 2022] Ukun Rukaendi Mampu Persembahkan 2 Medali Emas di Usia 52 Tahun
 
 

Hasil cemerlang berhasil diraih oleh atlet para bulutangkis kawakan Ukun Rukaendi. Tak tanggung-tanggung, pemain berusia 52 tahun itu sukses menyumbangkan 2 medali emas dan 1 perak di ajang ASEAN Para Games 2022, yang saat ini tengah berlangsung di Solo/Surakarta, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Ukun sendiri menyumbang emas dari nomor beregu putra. Dan hari ini, satu medali emas lagi disumbangkan Ukun untuk Indonesia dari nomor tunggal putra SL3. Sedangkan 1 medali perak Ukun raih juga di nomor ganda putra SL3-SL4 bersama pasangannya, Hary Susanto.

Alhamdulillah dengan usia saat ini, saya masih mampu mempersembahkan medali emas untuk Indonesia sesuai sebanyak 2 medali emas. Perjuangan kali ini tentunya tidak mudah, karena selain menghadapi lawan-lawan yang bagus, stamina saya juga tidak bisa dibohongi, sangat terkuras,” tutur Ukun.

Sejak bergabung di pelatnas para bulutangkis Indonesia 2011, Ukun tak pernah absen menyumbang emas untuk Indonesia di perhelatan ASEAN Para Games. Dan dikatakan Ukun untuk tampil di nomor tunggal pada ajang multi event ini, merupakan terakhir kalinya.

Saya sudah sejak 2011 ikut ASEAN Para Games dan alhamdulillah selalu menyumbang emas di tahun 2011, 2015, 2017, dan sekarang 2022. Tetapi tahun ini merupakan penampilan saya terakhir di nomor tunggal, karena usia tidak bohong, mengingat main tunggal lebih menguras stamina. Jadi mungkin selanjutnya di turnamen multi event saya hanya akan main di ganda jika masih dipercaya,” papar Ukun.

Ukun pun membocorkan sedikit rahasia dirinya masih bisa bersaing di usia yang tak muda.

Sebenarnya rahasianya ya mainnya dengan pintar saja. Memang teknik dan fisik menjadi salah satu yang penting, tetapi kalau seperti saya ini yah harus cerdik menempatkan bola dan melihat situasi. Sama satu lagi harus berani, jangan takut sama lawan siapa pun,” tutup Ukun. (AH)