Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Championships 2022] Fajar/Rian Melenggang
24 Agustus 2022
[BWF World Championships 2022] Fajar/Rian Melenggang
 
 

Sudah tiga pasang ganda putra Indonesia yang berhasil melaju ke babak ketiga pada ajang BWF World Championships 2022. Mereka adalah Kevin sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra bertemu dengan wakil dari Eropa, sementara Fajar/Rian bertemu ganda Jepang. Fajar/Rian membuka perjalanan babak kedua di Tokyo, Jepang, dengan membungkus kemenangan dari Hiroki Okamura/Masayuki Onodera dengan kedudukan 21-13, 21-10.

Seperti halnya pemain lain, Fajar/Rian juga harus beradaptasi dengan keadaan lapangan. Apalagi terakhir mereka bertanding di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, pada tahun 2018.

Hari ini kita masih coba-coba lapangan ya. Ini pertama kali sejak 2018 terakhir main di sini jadi kita masih mencari-cari pola permainan yang cocok dengan karakteristik lapangan dan shuttlecock yang lumayan berat,“ ujar Rian kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Pada babak ketiga yang akan dilangsungkan besok (25/8), Fajar/Rian akan bertemu dengan ganda Jepang lainnya, Akira Koga/Taichi Sato. Dalam catatan pertemuan, Fajar/Rian masih unggul dalam perolehan kemenangan. Sejauh ini Fajar/Rian mengemas dua kemenangan berbanding satu kali kekalahan. Pada pertemuan terakhir di kejuaraan Thailand Open 2022 Fajar/Rian membukukan kemenangan.

Mengomentari pertandingan besok (25/8), Rian mengaku akan mencoba mengontrol permainan. “Untuk besok kita harus bisa mengontrol permainan karena tadi shuttlecock-nya lumayan berat. Jangan terlalu ingin cepat mematikan karena kalau terburu-buru bisa kitanya balik tertekan. Selain itu, penempatan dan arah pukulan juga harus bagus,” tambah Rian.

“Pastinya mau yang terbaik di sini dan semoga kita bisa juara tapi kita tahu tidak mudah jadi fokus step by step saja. Tadi kita langsung fokus dari awal, antisipasi permainan mereka dengan coba menerapkan pola yang kita mau. Kita sudah tahu harus bermain seperti apa,” sambung Fajar.

“Ini kan turnamen individu jadi semuanya pasti mau yang terbaik. Kita fokus satu satu dulu, tidak terlalu memikirkan nanti ketemu teman sendiri atau bagaimana. Semua pemain perlu diwaspadai, tidak hanya teman sendiri,” tutur Fajar.

Indonesia masih punya satu ganda putra lainnya yang masih belum turun bertanding. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri akan mencoba mengikuti jejak seniornya yang sudah berada di babak ketiga. Bagas/Fikri akan menghadapi pasangan dari Skotlandia, Alexander Dunn/Adam Hall.